Makanan Nabati Penambah Darah

Posted on

Selain Makanan Hewani Penambah Darah terdapat juga makanan dari nabati sebagai penambah darah. Seperti yang kita ketahui, kurang darah atau anemia dapat mengganggu aktivitas sehari-hari bagi yang mengalaminya. Sel darah merah memiliki peran sangat penting dalam tubuh seseorang untuk mengangkut oksigen ke jaringan tubuh dan membuang karbon dioksida dari tubuh. Sel darah merah mengandung protein yang kaya zat besi, dikenal sebagai hemoglobin (Hb), yang memiliki warna merah terang. Pada orang dewasa sel darah merah dihasilkan oleh sumsum tulang (bone marrow) dalam produksinya diperlukan bahan baku yang berasal dari makanan yaitu terutama yang kaya akan protein, zat besi atau iron, asam folat, vitamin B12, dan vitamin C.

Hal yang tidak dapat diabaikan adalah Asam folat yang juga dikenal sebagai vitamin B9, merupakan vitamin B kompleks yang membantu tubuh membuat sel-sel darah merah baru. Sehingga kekurangan asam folat dapat menyebabkan Anemia. Sehingga mereka memerlukan makanan penambah darah yang kaya akan asam folat seperti roti dan sereal yang diperkaya, sayuran berdaun hijau, seperti kangkung dan bayam, kacang kering, kacang polong dan kacang-kacangan.  Dengan demikian penderita anemia akan merasa lemas, mengantuk, sering pusing, pucat, dan lain-lain, yang berpotensi juga terhadap timbulnya penyakit yang lain.

 

makanan nabati penambah darah

Makanan Nabati Penambah Darah

Berikut ini lentera keluarga memberi informasi beberapa makanan nabati penambah darah untuk mengurangi dan mencegah anemia, dari beberapa sumber.

  • Bayam merupakan sumber zat besi yang cukup baik, zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel darah merah, jadi dengan anda mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan zat besi seperti bayam akan dapat menambah darah anda dengan cepatnya.
  • Beras merah mengandung serat alami yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan membantu membersihkan tubuh dari racun. Kandungan zat besi yang tinggi dalam beras merah juga sangat efektif untuk menambah darah.
  • Kacang-kacangan merupakan makanan penambah darah selanjutnya, makanan yang satu ini sangat cocok dijadikan camilan karena merupakan makanan ringan. Jenis kacang-kacangan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang anda karena mengandung tinggi Vitamin D.
  • Kentang sebagai makanan sumber zat besi yang dapat menambah darah anda, juga memiliki kandungan vitamin C yang akan lebih mudah untuk tubuh anda untuk menyerap zat besi yang dibutuhkan.
  • Brokoli kaya akan kandungan protein nabati  juga mengandung zat besi yang cukup ampuh untuk membantu anda menambah darah dengan cepat. Seperti halnya kentang brokoli juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat sebagai penangkal radikal bebas dan memperkuat sistem imun anda.
  • Kubis sebagai makanan penambah darah yang baik dan bebas lemak karena mengandung zat besi. Kubis bisa disajikan dalam bentuk mentah sebagai lalapan atau bisa dibuat sebagai sayur.
  • Gandum mengandung tinggi zat besi yang berfungsi untuk mengatasi anemia karena akan menambah darah anda dengan cepat. Selain itu gandum juga rendah gula sehingga baik dikonsumsi bagi para penderita diabetes. Gandum juga kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan anda.
  • Kedelai. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan zat besi kedelai rebus mencapai 58,22 ppm, sedang kedelai yg dah difermentasi 1 hari sekitar 25,53 ppm dan tempe 62.84 ppm. Dengan jumlah tersbeut tentunya akan menempatkan kedelai sebagai makanan penambah darah yg cukup efektif.
  • Buah strawberry mengandungi zat besi yang sangat baik, walaupun mengkonsumsi buah yang satu ini tidak akan dengan cepat menambah darah, akan tetapi buah dapat dijadikan sebagai makanan tambahan untuk membantu anda mendapatkan vitamin dan juga antioksidan. Buah selain dapat menambah darah juga lebih rendah lemak dan tinggi serat yang tentunya kombinsi tersebut menjadikan buah-buahan memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan daging dalam perannya menjadi makanan penambah darah kita.
  • Coklat hitam merupakan sumber antioksidan yg sangat kuat, bukan hanya antioksidan, cokelat juga kaya akan kandungan zat besi. dalam 100 gram coklat memenuhi sekitar 35 % dari kebutuhan zat besi harian kita.
  • Kismis buah dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi 1/2 gelas kismis mengandung sekitar 1,6 miligram zat besi ( 9 % DV ). Mengkonsumsi kismis secara rutin akan membantu anda mengatasi masalah kurang darahnya.
Gambar Gravatar
Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *