Merawat Rambut Bayi Agar Sehat

Posted on

Bayi dengan rambut lebat, tebal akan membuat orang yang melihatnya menjadi gemas. Untuk itu, banyak ayahbunda melakukan cara agar rambut bayi tumbuh lebat. Salah satu tradisi di masyarakat yang diyakini dapat mempertebal rambut bayi adalah dengan mencukur habis rambut, dengan harapan rambut akan tumbuh lebat. Entah benar atau tidak, pada dasarnya rambut dipengaruhi oleh keturunan, hormonal dan faktor asupan nutrisi saat masih janin.

Saat ini banyak produk perawatan rambut untuk bayi yang beredar di pasaran baik itu dalam bentuk shampoo maupun lotion. Akan tetapi produk-produk tersebut biasanya berbahan kimia yang mungkin tidak cocok dengan rambut maupun kulit kepala bayi yang masih sensitif. Bunda bisa menggunakan bahan alami seperti lidah buaya, minyak kelapa murni atau bahan alami lainnya yang dapat dibuat sendiri.

 

merawat rambut bayi

Perawatan Rambut Bayi Dengan Tepat

Untuk merawat rambut bayi dapat dengan melakukan keramas secara rutin. Tidak perlu setiap hari mengingat rambut bayi tidak sekotor usia balita yang telah mulai bergerak aktif dan memungkinkan timbul keringat berlebih di kulit kepala. Namun yang perlu diperhatikan adalah kulit kepala bayi masih tipis dan jaringan masih longgar mengakibatkan sensitif terhadap rangsangan langsung yang berhubungan dengan kulit kepala. Untuk itu anda harus selektif dalam memilih produk shampoo atau bahan perawatan rambut bayi lainnya yang mengandung bahan kimia. Hentikan pemakaian jika bayi mengalami iritasi atau timbul warna merah pada kulit kepala.

Kulit kepala bayi mungkin saja mengalami bersisik (Cradle cap) hal biasa yang dialami bayi, hal ini tidak berbahaya. Jika Cradle cap muncul dengan tanda-tanda adanya kerak, tebal dan berwarna kekuningan dan bersisik,  lakukan pembersihan menggunakan minyak bayi, biarkan semalaman kemudian keesokan hari bisa menggunakan shampoo bayi untuk membersihkannya.

Cara merawat rambut rusak maupun merangsang pertumbuhan rambut pada bayi, bisa dengan memberikan hair lotion maupun hair tonic khusus bayi yang biasanya diberi tambahan vitamin rambut. Atau bisa menggunakan bahan alami yang sudah dipercaya sejak nenek moyang kita seperti  minyak kemiri atau minyak kelapa yang diyakini dapat menghitamkan rambut. Oleskan secara rutin dari kulit kepala hingga ujung rambut bayi anda. Madu juga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut bayi dan membuat semakin kuat.

Selain perawatan rambut dari luar, bayi perlu juga diberi asupan gizi lewat makanan yang mengandung protein dan dengan kandungan omega 3 seperti ikan salmon dan kacang almond agar dapat membantu pertumbuhan rambut baru selanjutnya dan bertambah bertambah lebat rambut bayi anda.

 

Merawat Rambut Bayi Agar Sehat – Lentera Keluarga

Gambar Gravatar

Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *