Makanan Hewani Penambah Darah

Posted on

Anemia atau kurang darah dapat mengganggu aktivitas bagi penderitanya. Gejala-gejala yang ditimbulkan penderita amenia seperti lemas, ngantuk, sering pusing, pucat, dan lain-lain, tentu tidak dapat diabaikan begitu saja. Selain dapat mengganggu aktivistas sehari-hari, berpotensi juga terhadap penyakit yang lain.

Selain segera mengatasi penyebab kurang darah, penting juga mengkonsumsi makanan penambah darah agar amenia teratasi dan tubuh pun menjadi  lebih sehat dan bugar. Anda dapat memilih makanan penambah darah dari hewani maupun nabati yang banyak mengandung zat besi, asam folat, vitamin B12 serta makanan dengan sumber protein tinggi.

 

makanan hewani penambah darah

 

Makanan Hewani Penambah Darah

Berikut ini lentera keluarga memberi informasi beberapa makanan hewani penambah darah untuk mengurangi dan mencegah anemia, dari beberapa sumber.

  • Daging kambing merupakan makanan yang mengandung zat besi, protein dan mineral penting lainnya sebagai nutrisi penambah darah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.
  • Daging bebek seperti halnya daging kambing merupakan makanan penambah darah yang sudah cukup dikenal bagi penderita anemia yang membutuhkan tambahan darah.
  • Ikan Salmon memiliki kandungan vitamin B12 sangat tinggi yang cocok untuk nutrisi menambah darah. Agar diketahuai bahwa Vitamin B12 berfungsi untuk pembelahan sel, pembentukan sel darah, dan menjaga sistem saraf dan sel-sel sehat tubuh yang sehat. Vitamin B12 juga sangat diperlukan dalam proses pembentukan DNA.
  • Telur ikan walaupun satu sendok makan, namun mengandung sekitar 4 gram protein, dan 1 gram karbohidrat serta terdapat mineral yang mengandung zat besi. Telur ikan memang cukup sulit diperoleh dan harganya relatif mahal, akan tetapi sangat sepadan dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya. Seseorang yang kurang mendapatkan asupan zat besi yg cukup akan resiko menderita anemia dengan gejala seperti pusing dan cepat lelah.
  • Dada ayam memiliki kandungan gizi jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bagian ayam yang lainnya. Bagian dada ayam mengandung asam lemak omega 3 dan 6 yang masing-masing sebesar 60 mg dan 500 mg.
  • Hati hewan merupakan makanan penambah darah paling efektif karena memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi. Dengan mengkonsumsi hati hewan secara tepat akan cepat membantu memenuhi kebutuhan zat besi yang merupakan nutrisi penting penambah darah.
  • Kerang sangat tinggi akan kandungan zat besi. Tiga ons kerang yang sudah dimasak, atau sekitar sembilan kerang kecil, mengandung sekitar 24 miligram zat besi. Hal tersebut lah yang membuat kerang sangat efektif dijadikan sebagai makanan penambah darah. selain itu Kerang juga merupakan sumber yang baik dari fosfor, kalium, seng, tembaga, mangan serta selenium.
  • Susu merupakan makanan super yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Mengkonsumsi susu secara rutin akan membantu untuk memperkecil resiko terkena anemia atau kekurangan darah.
  • Telur yang sudah lama sebagai makanan yang memiliki banyak nutrisi penting, sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita karena mengandung protein, kalsium, vitamin dan juga zat besi yang tinggi, sehingga sangat baik untuk makanan penambah darah.

Selain makanan hewani, ada juga makanan nabati penambah darah.

 

Bugar – Makanan hewani penambah darah

Gambar Gravatar

Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

4 thoughts on “Makanan Hewani Penambah Darah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *