Kapan Lansia Harus Mendapatkan Perawat Pendamping?

Saat ini usia manusia semakin berumur panjang seiring dengan perkembangan teknologi pengobatan yang mutakhir serta semakin meningkatnya kesadaran akan bergaya hidup sehat. Sehingga tidak heran banyak ditemui penduduk lanjut usia (Lansia). Bahkan prediksi Depkes, pada tahun 2020 jumlah lansia di Indonesia mencapai 27,08 juta dan 2025 melonjak menjadi 33,69 juta.

Lansia Mendapatkan Perawat Pendamping

Akan tetapi, semakin banyak orang berusia tua (lansia) tidak selalu menggembirakan. Lansia memiliki permasalahan yang cukup serius terutama berkaitan dengan masalah kesehatan. Seiring bertambahnya usia, semua orang pasti akan menua dan membutuhkan bantuan.

Selain itu, negara dengan penduduk yang memiliki jumlah lansia banyak, semakin banyak pula masalah yang harus dihadapi. Baca informasi tentang Permasalahan Lansia di Jepang.

Orang berusia tua (lansia) tentu harus mengimbangi dengan kesadaran kesehatan yang mumpuni. Harus mulai melakukan aktivitas fisik seperti olahraga khusus lansia hingga mengkonsumsi suplemen atau vitamin untuk orang tua. Baca Penanganan Masalah Gangguan Psikologis Lansia

Selain itu, harus mewaspadai penyakit ganas yang mengintai mulai dari penyakit jantung, diabetes, stroke. Bahkan yang terbaru saat ini adalah alzheimer dan demensia. Penyakit alzheimer dan demensia tersebut sangat sulit untuk disembuhkan, umumnya menyerang lansia berusia 65 tahun ke atas.

Oleh karena itu, para lansia membutuhkan seseorang sebagai pendamping orang lain khususnya anak dan sanak keluarga. Kapan Waktu Yang Tepat untuk Menggunakan Perawat Lansia?

Tidak ada batasan waktu yang tepat, namun setidaknya dapat mempertimbangkan beberapa alasan kapan lansia mendapatkan perawat pendamping di bawah ini.

1.Berusia Lebih dari 65 Tahun dan Mempunyai Beberapa Keluhan

Tidak semua lansia berusia di atas 65 tahun membutuhkan bantuan. Beberapa di antara mereka bahkan masih sehat dan kuat untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Pasca Operasi

Ketika orang tua telah selesai melakukan operasi atau pengobatan di rumah sakit, tentu saat tiba di rumah masih harus mendapatkan perawatan secara intensif untuk membantu mempercepat proses pemulihan. Umumnya menggunakan layanan perawat home care untuk meneruskan perawatan dan pendampingan dari rumah sakit.

3. Mengidap Penyakit Keras

Stroke, diabetes, jantung, alzheimer dan demensia adalah penyakit yang sangat berbahaya bagi siapa saja khususnya orang dengan lanjut usia. Ketika mengidap stroke sebagian atau keseluruhan tentu harus mendapatkan bantuan secara komprehensif baik di rumah atau pun rumah sakit.

Penyakit-penyakit di atas membutuhkan waktu yang cukup lama untuk disembuhkan, menggunakan jasa perawat pribadi untuk membantu aktifitas pasien seperti mandi, makan, minum, mengatur jadwal minum obat dan berobat ke dokter. Berbeda hal jika tidak menggunakan perawat pribadi tentu harus banyak merepotkan anggota keluarga yang lain. Sedangkan jika mereka mempunyai tanggung jawab di luar tentu akan sangat kesulitan untuk membagi waktunya.

4. Lumpuh atau Bed Rest

Merawat orang tua yang lumpuh di tempat tidur (bed rest) tentu harus mempunyai kesabaran, ketelatenan dan pengetahuan dasar. Tidak mungkin kan merawat pasien yang lumpuh menggunakan alat medis di rawat oleh pembantu? Menggunakan perawat orang sakit medis atau pun non medis adalah pilihan bijak.

Menggunakan perawat medis dilakukan ketika pasien menggunakan alat-alat medis seperti tabung oksigen, kateter, NGT dan lain sebagainya. Perawat medis wajib mempunyai STR (Surat Tanda Registrasi) yang masih aktif saat bertugas merawat orang sakit medis. Berbeda dengan perawat non medis yang dapat bekerja tanpa harus mempunyai STR.

Jasa Perawat Home Care Lansia

Merawat lansia dengan berbagi macam masalah tentu tidak dapat dilakukan oleh sembarangan orang. Meskipun ada pihak keluarga yang bersedia mendampingi, namun belum tentu dapat menangani semua masalah. Oleh karena itu, pihak keluarga dapat menggunakan jasa perawat home care terbaik di Indonesia atau perawat lansia yang tinggal live-in 24 jam bersama pasien.

Menggunakan layanan home care di Indonesia saat ini sangatlah mudah apa lagi jika Anda tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Medan. Apalagi saat ini melakukan pencarian dan pemesanan layanan kesehatan dari para perawat (caregiver) profesional semakin mudah, bahkan bisa melalui handphone.

 

Waktu Yang Tepat untuk Menggunakan Perawat Lansia

Recommended For You

About the Author: Keluargaku

Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *