Makanan Meningkatkan Kecerdasan Anak

Posted on

Siapa sih orang tua yang tidak menginginkan buah hatinya cerdas? Bahkan terkadang dengan berbagai cara di tempuh oleh ayah bunda untuk meningkatkan kecerdasan anak baik itu melalui makanan maupun kegiatan lain yang berhubungan dengan perkembangan akal budi.

Salah satu usaha orang tua untuk meningkatkan kecerdasan anak adalah melalui makanan, terutama makanan yang yang mengandung banyak nutrisi untuk otak. Berikut rangkuman yang telah lentera keluarga buat untuk para orang tua yang menginginkan putra putrinya memiliki kecerdasan yang lebih tinggi lagi.

 

makanan meningkatkan kecerdasan anak

Makanan untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Penuhi asupan vitamin pada anak

Kecerdasan berhubungan dengan otak sebagai motor penggerak, untuk itu orang tua harus memperhatikan asupan vitamin karena sangat dibutuhkan dalam membangun perkembangan berpikir anak. Selain vitamin, ada juga kebutuhan terhadap zinc (seng laktat) yang juga berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan otak anak dan membantu mendorong pertumbuhan anak supaya tidak terhambat. Vitamin dan zat zink bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayuran segar.

Penuhi asupan asam lemak omega-3 pada anak

Asam lemak omega-3 yang merupakan sejenis asam lemak esensial yaitu lemak yang diperlukan untuk kesehatan tetapi tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh sangat bermanfaat bagi otak untuk mengaktifkan area otak yang berpotensi mendorong peningkatan perhatian, memori dan aspek kognitif lainnya. Omega-3 bisa diperoleh dari minyak ikan. Saat ini banyak suplemen minyak ikan dan beberapa makanan lain yang diperkaya oleh asam lemak omega-3 dan DHA.

Baca juga: Makanan Hewani Penambah Darah

Biasakan anak untuk sarapan 

Menurut beberapa penelitian di Eropa, pelajar yang mengawali hari dengan sarapan pagi setiap harinya, memiliki memori yang tajam dan lebih waspada dibandingkan dengan pelajar yang melewatkan sarapan pagi. Selain itu, studi lain menyebutkan bahwa sarapan sehat yang kaya karbohidrat kompleks, akan membantu anak mempertahankan kinerja mental, khususnya mempengaruhi perhatian dan memori.

Sarapan sehat dapat disediakan dengan buah, sereal gandum, susu rendah lemak dan makanan kaya protein seperti kacang-kacangan dan telur agar anak mendapatkan sumber utama bahan bakar yang dibutuhkan otak.

Sediakan camilan sehat untuk anak

Yang namanya bocah pasti suka sekali jajan. Orang tua yang menginginkan untuk meningkatkan kecerdasan anak sebaiknya menyediakan makanan ringan bergizi yang dapat memberikan tambahan asupan pada otak. Makanan ringan atau jajanan sehat akan memenuhi kebiasaan anak yang terkadang “rewel” kurang suka makan.

Penelitian di University of Southern California Institute for Prevention Research mengungkapkan bahwa kemampuan fungsi kognitif anak berhubungan negatif dengan asupan makanan ringan yang tinggi kalori dan berhubungan positif dengan asupan buah dan sayuran.

 

Makanan Meningkatkan Kecerdasan Anak

Gambar Gravatar

Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *