Tubuh Kembali Bugar Setelah Melahirkan

Posted on

bugar setelah melahirkanProses melahirkan memang dapat menimbulkan rasa lelah yang luar biasa bagi bunda, apalagi jika melewati proses persalinan secara normal. Hal ini wajar karena tenaga yang dibutuhkan untuk mengeluarkan sang buah hati sangat besar, selain itu banyak darah terbuang. Dengan demikian kondisi tubuh yang lemas dengan wajah pucat sering dialami sang Ibu saat melahirkan.

Bunda dapat segera mengusir kondisi tersebut agar tubuh kembali bugar setelah melahirkan dengan beragam cara mulai dari mengkonsumsi makanan sampai dengan berolahraga. Mekipun demikian, agar tubuh kembali bugar setelah melahirkan, dibutuhkan waktu yang cukup, konsistensi dan usaha untuk penyegaran kondisi tubuh normal kembali.

Berikut beberapa cara untuk tubuh kembali bugar setelah melahirkan:

Melakukan Olahraga atau senam

Sebelum melakukan olagraga, minimal jarak pelaksanaannya 1 – 2 minggu setelah persalinan. Setiap ibu berbeda kondisi dan kesehatan atau dapat meminta penyunjuk dokter atau bidan yang membantu proses persalinan. Untuk ibu yang proses melahirkan lewat operasi caesar, diharapkan dapat bersabar untuk melakukan olahgara karena  waktu pemulihan bisa lebih lama jika dibanding dengan melahirkan secara normal. Selain itu ada penelitianyang menyarankan bagi ibu pasca melahirkan, tidak melakukan olahraga dengan intensitas tinggi yang akan dapat mempengaruhi kadar asam laktat dalam ASI untuk menyusui.

Oah raga yang diajurkan adalah:

  1. Jalan santai dengan berjalan-jalan santai di sekitar rumah pada pagi dan sore hari.
  2. Yoga untuk fleksibilitas dan memperkuat otot-otot tubuh serta dapat membantu meringankan trauma setelah melahirkan.
  3. Senam nifas untuk memberikan kenyaman dan proses pengembalian rahim ke bentuk semula serta untuk mencegah terjadinya beberapa kemungkinan komplikasi yang timbul pada masa nifas.

Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Mengkonsumsi  makanan yang mengandung cukup protein, karbohidrat dan serat dapat memberikan nutrisi dan energi pada tubuh setelah melahirkan. Dan jangan lupa minum air yang cukup.

Terkadang bagi ibu-ibu pasca melahirkan, sering melewatkan sarapan. Padahal sarapan membantu meningkatkan energi tubuh agar terpenuhi untuk mengurangi rasa lelah. Namun sarapan jangan berlebih karena akan mengantuk dan dapat menggangu aktivitas.

Mendengarkan musik

Bunda dapat memanjakan diri dengan mendengarkan musik kesukaan saat bayi tertidur. Mendengarkan musik salah satu metode terapi untuk meredakan stres dan membuat pikiran lebih rileks. Bahkan dengan mendengarkan musik rasa lelah dalam tubuh akan menghilang.

Melakukan pijat atau spa

Agar tubuh kembali bugar setelah melahirkan dapat juga dilakukan dengan pemijatan atau pergi ke spa. Biasanya yang sering dikeluhkan bunda usai melahirkan adalah pada betis dan paha dikarenakan ketegangan yang dialaminya ketika melahirkan. Selain itu juga dapat dilakukan pemijatan sekitar payudara karena berhubungan dengan kelancaran ASI.

Semoga artikel lentera keluarga untuk bunda ini dapat menambah informasi untuk memulihkan kondisi tubuh kembali bugar setelah melahirkan.

Gambar Gravatar
Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *