Bermain Games Bisa Bermanfaat Untuk Anak

Games Bisa Bermanfaat Untuk Anak. Di masa pandemi seperti ini tentu akan sangat membosankan dan melelahkan jika hanya terus berada di rumah. Orang tua juga akan makin kebingungan untuk mencari hiburan dan aktivitas bagi anak-anak mereka.

Manfaat Main Game Bagi Anak

Tidak bisa dipungkiri jika bermain games melalui smartphone adalah salah satu aktivitas yang semakin digandrungi oleh anak-anak di masa pandemi ini.  Karena berbagai aktivitas di luar rumah dibatasi maka anak-anak pun lebih memilih bermain games lewat smartphone mereka.

Perlu diketahui, jika anak meminta bermain games, jangan langsung menolak permintaannya. Bermain games tidak selalu mengenai hal yang negative. Ada banyak games yang melatih skill serta menumbuhkan kerja sama tim pada diri anak.

Manfaat Main Game Bagi Anak

Hal yang perlu ditekankan oleh orang tua saat anak bermain games ialah mengatur jadwal bermain gamesnya, jangan sampai anak menjadi kecanduan karena terus bermain tanpa kenal waktu. Nah, biar tidak berpikiran negative soal games, berikut ini merupakan beberapa informasi mengenai dampak positif dari games untuk anak-anak.

Pendapat Dokter Anak

Menurut Michelle Ponti yang merupakan seorang Dokter anak di Kanada, video games pada dasarnya bisa memberikan rasa kompetensi, koneksi, hingga otonomi yang bisa meningkatkan kepercayaan diri anak-anak. Namun, meskipun demikian masih banyak orang tua yang menganggap jika bermain games hanya akan membuang waktu-waktu anak.

Baca Artikel lainnya:  Bimbingan Belajar Mendorong Semangat Belajar

Padahal, di dalam games tersebut sangat banyak keterampilan yang bisa didapatkan oleh anak seperti bagaimana memecahkan masalah, melakukan kerja sama dalam tim, serta rasa pantang menyerah dari kegagalan.

Adanya fitur interaktif dalam beberapa jenis permainan juga bermanfaat untuk anak-anak. Komunikasi secara daring tersebut akan membuat anak lebih nyaman, aktif dan responsive terhadap orang di sekitarnya. Dengan komunikasi tersebut maka anak yang gampang cemas dan tertutup dengan lingkungannya secara perlahan akan mulai lebih terbuka.

Melatih Life Skill

Sebuah penelitian di Eropa juga menyebutkan jika lebih dari 3.000 anak usia enam hingga sebelas tahun mengalami peningkatan kecerdasan intelektual yang lebih baik saat bermain game selama lima hingga enam jam.

Life skill lain yang bisa didapatkan anak saat bermain game antara lain skill dalam pengodean, matematika, desain hingga logika. Bukan tidak mungkin jika anak yang gemar main game akan menjadi ahli coding ataupun programming di masa depan.

Games yang Direkomendasikan

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk anak, orang tua juga perlu memberikan batasan-batasan kepada anak-anak mereka. Oleh sebab itu, orang tua harus membuat aturan untuk disepekati bersama anak saat bermain games.

Baca Artikel lainnya:  Cara Mempersiapkan Karakter Anak Untuk Masa Depannya

Aturan tersebut bisa berupa bermain games selama satu jam kemudian setelah itu dilanjutkan dengan menyelesaikan tugas rumah dan tugas sekolah. Dengan demikian, karakter dispilin anak juga bisa terbentuk sejak dini.

Lalu jenis games apa yang cocok untuk dimainkan oleh anak-anak? Menurut beberapa ahli, permainan yang dimainkan haruslah yang melatih anak untuk terus bergerak secara fisik, misalnya lari di tempat, lompat hingga melakukan beberapa gerakan.

Tentu games jenis ini tidak cocok untuk anak yang telah menuju usia remaja karena mereka sudah memiliki rasa penasaran yang lebih dengan jenis permainan yang lain. Meskipun demikian, Anda tetap perlu mengontrol jenis games yang sudah mampu diunduh sendiri oleh anak.

Jangan sampai Anda kecolongan dan mendapati banyak games yang memiliki konten yang tidak layak dan tidak pantas untuk anak-anak.

Nah, demikianlah beberapa informasi mengenai manfaat bermain games untuk anak-anak. Jangan lupa untuk terus mengawasi anak Anda dalam melakukan setiap permainan games.

Recommended For You

About the Author: Keluargaku

Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *