Cara Mempersiapkan Karakter Anak Untuk Masa Depannya

Mempersiapkan Karakter Anak. Setiap orang tua tentu menginginkan masa depan yang cerah untuk anak-anak mereka. Anak yang tumbuh dengan cerdas dan berhasil di masa depan biasanya berasal dari pendidikan karakter yang ditanamkan oleh orang tuanya sejak dini.

Mempersiapkan Karakter Anak

Begini Cara Mempersiapkan Karakter Anak

Seperti yang diketahui bahwa dunia dewasa yang akan dihadapi oleh anak-anak nantinya akan jauh berbeda dengan kehidupan saat ini. Bisa saja, di masa depan nanti tantangan yang lebih besar akan menanti kehidupan generasi hari ini.  Oleh sebab itu, guna mempersiapkan kehidupan dewasa yang lebih menantang nantinya, ada baiknya untuk menanamkan karakter-karakter berikut ini.

1. Mandiri

Mandiri termasuk karakter penting yang perlu dimiliki oleh setiap anak.  Untuk mengembangkan karakter mandiri ini, orang tua bisa melatih anak dengan beberapa cara. Misalnya, saat anak sedang kesulitan merapikan mainannya, jangan terburu-buru untuk membantunya. Biarkan anak mencoba menyelesaikan masalahnya sendiri.

Kemudian, Anda juga bisa melatih anak lewat kebiasaan sehari-hari seperti menyuruh anak mencuci tangannya sendiri, memakai baju sendiri ataupun makan dengan tangannya sendiri tanpa perlu disuap lagi. Namun, jika anak memang mengalami kesulitan cobalah untuk membantunya dengan jarak aman dan dengan instruksi yang jelas dan lembut.

Baca Artikel lainnya:  Anak Berhak Mendapat Cerita Dari Orangtua

2. Adaptif

Skill beradaptasi dengan berbagai perubahan di lingkungan sekitar juga perlu dimiliki oleh setiap anak. Bagaimanapun juga, dunia orang dewasa akan melewati dan mengalami fase seperti ini. Untuk melatih anak memunculkan skill adaptifnya ini, orang tua bisa mengajak anak bermain di tempat yang berbeda setiap harinya.

Biarkan anak mengenal lingkungan dan orang-orang yang berbeda di sekitarnya. Namun, jangan sampai lalai dengan keamanan si kecil. Tetaplah mengawasinya meskipun anak tidak berada di jarak yang dekat dengan Anda.

3. Banyak Akal

Karakter yang satu ini juga perlu dikembangakan oleh anak sejak dini. Jika anak memiliki karakter banyak akal ini maka ia pun akan cepat mengerti dengan berbagai situasi yang dihadapinya.

Anda bisa mengajak anak untuk bermain masak-masakkan sambil memancingnya mengeluarkan ide jenis makanan yang akan dibuat.  Dengan cara ini, anak pun akan semakin kreatif dalam melakukan berbagai hal.

4. Berani

Setiap orang tua pasti bangga jika anaknya memiliki karakter pemberani. Dengan karakter seperti ini, maka anak pun akan selalu percaya diri menghadapi kesulitan yang dihadapinya. Orang tua bisa mengeksplor karakter berani ini dengan mengajak anak untuk mencoba berbagai hal.

Baca Artikel lainnya:  Mengatasi Anak Yang Masih Ngompol

Anda bisa mengajak anak berenang atau pun bermain permainan yang menantang lainnya. Perlu diingat, jika anak melakukan kesalahan, tetaplah memuji usahanya. Jangan sampai anak menjadi tidak percaya diri untuk melakukan berbagai hal lagi karena kegagalan sebelumnya. Jangan lupa untuk terus mengawasi anak saat melakukan berbagai aktifitas menantang ini.

5. Gigih

Karakter anak usia dini yang juga perlu ada pada diri anak sejak dini ialah gigih alias teguh pendirian dan tidak gampang menyerah. Untuk mengembangkan karakter gigih ini, orang tua perlu memberi anak berbagai rutinitas yang menantang seperti halnya saat ingin menumbuhkan karakter berani pada anak.

Selain rutinitas berupa fisik, anak juga bisa dilatih dengan permainan otak seperti menyusun puzzle, rubik, memecahkan soal matematika yang sesuai dengan usianya ataupun sekedar menggambar ataupun menulis.

Aktivitas-aktivitas seperti ini selain menggali minat dan potensi dalam diri anak, secara tidak langsung juga mengajarkannya untuk selalu sabar, tenang dan tidak gampang menyerah dalam menyelesaikan berbagai hal yang dihadapinya. Jangan lupa untuk sering memberinya pujian ataupun reward atas usaha yang dilakukan anak.

 

Cara Mempersiapkan Karakter Anak Untuk Masa Depannya

Recommended For You

About the Author: Keluargaku

Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *