Kuliner Jajanan Kota Bandung

Posted on

Kota Bandung yang dikenal Paris Van Java selain kota dengan wisata alam yang indah, juga  terkenal dengan wisata kulinernya. Banyak makanan khas Bandung menjadi tujuan wisata kuliner bagi para wisatawan. Keanekaragaman masakan seakan berlomba untuk menyuguhkan kuliner khas kota kembang ini.

Berikut beberapa jajanan unik yang ada di kota kembang Bandung ini.

batagor bandung
Batagor Bandung

Batagor (baso tahu goreng) biasanya terbuat dari tepung kanji di campur dengan ikan tenggiri yang telah di haluskan kemudian dimasukan ke dalam pangsit atau tahu, kemudian di goreng. Batagor disajikan dengan bumbu sambal kacang, dan dimakan hangat-hangat sangat milmat.

basreng bandung
Basreng Bandung

Basreng (Baso Goreng)  mungkin hanya beberapa yang mengetahui jajanan salah satunya yang khas di kota bandung. Baso yang biasanya berkuah, kali ini di olah menjadi Gorengan. Basreng ini biasanya berharga sangat murah dan digemari oleh anak-anak sekolah. Basreng biasanya dimakan dengan bumbu yang telah disedikan dengan aneka rasa seperti  rasa Keju, Manis, Asin, Pedas.

tahu jablay bandung
Tahu Jablay Bandung

Tahu Jabaly Badung bukan tahu sembarang tahu. Di bandung telah banyak orang yang mengenal penganan dengan nama unik yang sederhana ini. Dari namanya saja sudah cukup membuat penasaran. Tahu Jablay adalah Tahu yang di potong hingga seperti dadu lalu di goreng dengan tepung krispi, dan nikmat dimakan selagi panas. Asal muasal namanya ini banyak yang tidak tahu apa maksud dari nama ini. Tahu ini juga hanya ada di beberapa tempat, dulu tahu ini banyak yang menyediakanya di kota tetapi sekarang tinggal sedikit yang masih menjualnya alias jarang ditemui.

colenak bandung
Colenak Bandung

Colenak singkatan dari “dicocol enak”. Colenak merupakan makanan dengan bahan dasar peuyeum (Tape) yang di di bakar kemudian diberi saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah yang lembut. Makanan ini sudah lama dikenal oleh warga kota Bandung dan masih bertahan hingga kini.

cireng bandung
Cireng Bandung

Cireng singkatan dari ‘Aci di Goreng’ adalah makanan yang sangat terkenal asal kota bandung dan banyak mengalami banyak perubahan. Dahulu Cireng yang berbahan dasar Tepung Aci yang di buat menjadi adonan dan berisi Sambal Oncom. Namun sekarang Cireng berisi berbagai rasa yaitu Keju, Ayam Pedas, Kornet, Sapi Panggang dan lainya. Sealin itu, tampilan bentuk cireng juga berubah. Dulu lebih banyak berbentuk lonjong ala kadarnya dan sekarang sudah ada yang menggunakan cetakan khusus sehingga lebih unik dan menarik. Rasa Cireng yang gurih dengan berbagai rasa menggoda orang untuk ingin menikmati lebih dari satu.

 

Kuliner Jajanan Kota Bandung – Lentera Keluarga

Gambar Gravatar
Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

3 thoughts on “Kuliner Jajanan Kota Bandung

  1. Nama kuliner Jajanan Kota Bandung unik-unik: Basreng (Baso Goreng)Batagor (baso tahu goreng) , Cireng singkatan dari ‘Aci di Goreng’

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *