Menyusui  Bayi Saat Ibu Puasa

Posted on

Bagi ibu yang dalam masa kondisi menyusui bayi, bisa tetap berpuasa tanpa berdampak pada produksi ASI. Menjadi  seorang ibu yang cerdas dengan membaca atau mendengar nasihat orang yang lebih mengerti tentang kesehatan dan kebugaran merupakan kunci utama untuk ibu menyusui dengan lancar saat berpuasa.

Penelitian membuktikan, dengan mencukupi kebutuhan serat dan gizi di  bulan puasa dapat mencegah seorang ibu menyusui bayi mengalami konstipasi dan tidak mengurangi asupan nutrisi dan produksi ASI. Si Ibu bisa mendapatkan dari sayuran yang kaya serat juga mengandung vitamin A, karoten, lycopene dan zat antioksidan lainnya. Dengan mengonsumsi sayuran terutama di saat sahur akan membuat ibu menyusui dapat menahan lapar lebih lama dan terlihat bugar.

ibu menyusui bayi

Tips Menyusui  Bayi Saat Ibu Berpuasa

Gita Tiara, Ahli Laktasi RS Meilia mengungkapkan bahwa saat yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan serat selama bulan puasa adalah saat santap sahur. Untuk itu lengkapi hidangan makanan sahur dengan sayur dan buah. Sebab kandungan serat banyak terdapat di sayuran.

Selain makan sahur dengan sayur dan buah, salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kualitas ASI adalah dengan melakukan tidur siang yang cukup juga perlu bagi ibu menyusui bayi untuk menjaga stamina dan produksi ASI selama menjalankan ibadah puasa. Aktivitas pagi dan sore hari tetap disarankan, namun pada siang hari sebaiknya beristirahat selama kurang lebih 60 menit dengan tidur.

Sangat disarankan untuk Ibu menyusui, yaitu  menambahkan menu segelas susu di setiap santap sahur dan berbuka puasa. Karena susu mengandung protein dan kalsium yang dibutuhkan selama menyusui.

Menyusui  Bayi di saat Ibu menjalankan ibadah Puasa tetap bisa dilakukan dengan pemenuhan gizi dan nutrisi  sewaktu santap sahur dan berbuka untuk meningkatkan kualitas ASI agar tetap terjaga dengan baik.

Gambar Gravatar
Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

One thought on “Menyusui  Bayi Saat Ibu Puasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *