Memilih Kosmetik Yang Aman

Posted on

Pengertian kosmetik secara terminologi adalah material yang dimanfaatkan untuk bagian luar tubuh manusia seperti bagian lapisan jaringan luar, rambut, kuku, bibir sampai dengan organ intim. Seiring waktu, kosmetik juga digunakan untuk perawatan gigi dan mulut, mengubah penampilan atau melindungi serta memelihara bagian tubuh yang lain sehingga tetap dalam kondisi prima dan menarik. Penggunaan kosmetik kini bukan hanya di-monopoli oleh kaum wanita saja, tidak sedikit kosmetik juga digunakan kaum pria untuk merawat tubuh mereka.

Sedemikian besar konsumen pengguna kosmetik untuk merawat kecantikan tubuh, dimanfaatkan oleh oknum untuk memperkaya diri dengan memproduksi kosmetik dengan bahan berbahaya. Banyak kosmetik palsu beredar di pasaran yang mengandung materi kimia yang berbahaya bagi tubuh. Sudah banyak korban akibat belanja kosmetik palsu atau kosmetik murah yang tidak sesuai dengan kondisi pemakainya.

memilih kosmetik aman

 

Tips Memilih Kosmetik Yang Aman

Bagi yang nyaris memiliki ketergantungan kosmetik, terutama bagi kaum wanita, kecerdasan dan kejelian dalam belanja produk kosmetik yang cocok serta aman mutlak diperhatikan dengan serius. Ingin tampil cantik dan sehat, justru malah menimbulkan petaka jika tidak memperhatikan produk kosmetik yang digunakannya. Apalagi semakin marak iklan kosmetik di media cetak maupun elektronik untuk menawarkan produk yang menggiurkan agar konsumen tertarik untuk belanja. Ditambah lagi sekarang banyak maklon kosmetik yaitu perusahaan yang memberikan produksi kosmetik sesuai permintaan pelanggan yang kemudian kosmetik tersebut dijual dengan merk sendiri.

Memilih kosmetik yang aman dan tidak hanya berdasarkan informasi iklan, trend atau diskon belanja, merupakan suatu tindakan yang bijaksana. Kita harus lebih jeli dalam memilih kosmetik yang cocok dan aman bagi tubuh secara keseluruhan sehingga terhindar dari efek samping yang merugikan. Berikut ini beberapa tips dalam memilih kosmetik yang aman.

Perhatikan Kemasan dan Label Kosmetik

Periksa kemasan produk kosmetik dengan teliti dan baik. Pastikan label tercantum jelas dan lengkap. Setiap kosmetik yang lulus dari BPOM wajib mencantumkan label yang benar, meliputi :

  1. Nama produk
  2. Nomor izin edar
  3. Nomor badge/kode produksi
  4. Nama dan alamat produsen/importir/distributor
  5. Netto dan komposisi bahan
  6. Batas kedaluwarsa (expiration date)

Kemasan atau wadah kosmetik harus dalam kondisi penampilan baik (segel dan isi utuh). Jangan membeli produk kosmetik dengan kemasan atau segel yang rusak atau jelek serta produk masih memiliki bentuk dan warna yang baik dan tidak terdapat bercak kotoran.

Bacalah Kegunaan Kosmetik Tersebut

Produk kosmetik yang aman pasti akan mencantumkan kegunaan beserta cara menggunakannya secara singkat namun jelas sehingga konsumen dapat dengan mudah untuk menggunakan produk tersebut. Untuk produk kosmetik yang telah memiliki izin dari BPOM RI ada keharusan untuk mencantumkan informasi yang jelas dan lengkap dalam Bahasa Indonesia, termasuk efek samping yang mungkin dapat ditimbulkannya.

Memperhatikan Izin Edar dan masa Kadaluwarsa

Periksa izin edar produk terutama tanggal kadaluwarsa (expiration date). Setiap kosmetik yang akan diedarkan wajib memiliki Nomor Izin Edar dari BPOM RI serta batas kedaluwarsa. (Kosmetik dengan kestabilan kurang dari 30 bulan wajib mencantumkan batas kedaluwarsa minimal dalam bulan dan tahun sedangkan Kosmetik dengan kestabilan lebih dari 30 bulan boleh tidak mencantumkan batas kedaluwarsa)

Jangan memilih kosmetik sekedar mengikuti trend atau terpengaruh iklan televisi yang biasanya diperankan oleh artis cantik atau tampan. Pilih kosmetik sesuai kebutuhan dan cocok untuk Anda. Bacalah terlebih dahulu manfaat dan cara penggunaan yang tercantum pada label atau brosur yang ada dalam kemasan. Untuk mengetahui suatu kosmetik telah terdaftar atau belum, anda dapat melihatnya di website Badan POM dengan alamat www.pom.go.id.

 

Memilih Kosmetik Yang Aman – Lentera Keluarga

Gambar Gravatar
Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

One thought on “Memilih Kosmetik Yang Aman

  1. haduh harus dijauhin nih iklannya, soalnya aku tuh suka korban iklan, apalagi model nya yg emang dari sna nya kulitnya dah bagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *