Mencegah Terjadinya Rampan Karies

Posted on

Pada artikel sebelumnya telah dibahas bahwa rampan karies adalah karies yang terjadi sangat cepat pada gigi anak-anak pada gigi seri atas dan gigi geraham yang muncul dan menyebar secara luas menyeluruh mengenai syaraf gigi, bahkan mengenai daerah mahkota gigi dengan cepat juga permukaan gigi yang imun terhadap karies. Rampan karies  sering menimbulkan rasa sakit sehingga anak sulit makan dan rewel.

Melihat apa yang dapat ditimbulkan oleh karies gigi pada anak-anak maka pengaruh orang tua sangat berperan dalam membentuk perilaku anak untuk menjaga kebersihan giginya sebagai tindakan pencegahan, terutama peran ibu dalam mencegah karies gigi karena ibu adalah orang yang terdekat dengan anak dan dapat memberi pengaruh yang sangat signifikan terhadap sikap dan perilaku anak.

karies-gigi-pada-anak

Mencegah Terjadinya Rampan Karies Gigi Anak

Beberapa cara untuk mencegah terjadinya rampan karies, meliputi:

  1. Rajin membersihkan gigi anak setiap hari
  2. Mengatur pola makan anak dan meminum susu dengan waktu singkat.
  3. Usahakan menggunakan gelas daripada botol susu, ajarkan minum dengan gelas saat mulai menginjak usia 2 tahun.
  4. Jangan menggunakan botol susu waktu tidur
  5. Jangan biarkan anak sering terlena dalam menikmati makanan atau minuman dengan kandungan gula tinggi, seperti jus
  6. Gunakan sedikit atau bahkan tidak sama sekali gula pada makanan atau minuman anak
  7. Konsultasi dengan dokter gigi untuk pemberian fluoride pada gigi anak anda
  8. Melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter gigi (6 bulan sekali)

Jika rampan karies sudah terlanjur terjadi pada anak, segeralah ke dokter gigi sehingga dokter gigi akan dapat segera merawat kondisi tersebut. Perawatan pada setiap anak tentunya akan berbeda, tergantung seberapa parah kerusakan gigi anak tersebut. Beberapa macam perawatan karies gigi anak, yakni :

  1. Bila sudah ada abses atau kondisi gigi sudah non vital dilakukan perawatan saluran akar, perawatan ini butuh kesabaran dan beberapa kali kunjungan ke dokter gigi
  2. Menghentikan proses karies dengan menumpatnya setelah semua jaringan karies dibersihkan
  3. Anjuran untuk melakukan diet kontrol, seperti mengurangi makanan manis
  4. Melakukan pemberian larutan fluoride pada gigi sebagai bentuk pencegahan, hal ini dapat dilakukan dengan penggunaan pasta gigi yang mengandung fluoride
  5. Minimal sikat gigi dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan sebelum tidur dengan menggunakan sikat gigi berbulu sikat halus dengan tingkat penggosokkan ringan ke gigi anak.

Melihat penjabaran diatas akibat dari rampan karies terhadap tumbuh kembang anak dimana biasanya terjadi pada anak-anak balita yang belum memahami bagaimana memelihara dan menjaga kebersihan secara umum dan khusus untuk gigi, maka orang tua terutama ibu sangat berperan untuk mencapai keberhasilan dari pencegahan secara menyeluruh.

 

Mencegah Rampan Karies Gigi – Lentera Keluarga

 

Gambar Gravatar
Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *