Peran Ibu Dalam Pencegahan Karies Gigi

Posted on

Peran Ibu dalam pencegahan karies gigi pada anak sangat penting karena bila karies telah terjadi, kemudian akan timbul rasa sakit sehingga anak kehilangan selera makan bahkan kadang disertai demam. Dampaknya proses pengunyahan pun terganggu dan anak akan menjadi malas makan hingga akhirnya berat badan kurang dari normal. Dapat dikatakan karies pada anak akan mempengaruhi proses tumbuh kembang anak.

Pengertian Karies gigi adalah suatu penyakit jaringan keras gigi yaitu email, dentin dan sementum yang disebabkan oleh aktivitas suatu jasad renik pada suatu karbohidrat yang dapat diragikan menjadi masa yang asam yang menyebabkan demineralisasi pada email.

Peran Ibu Dalam Pencegahan Karies Gigi pada anak

Dapat dikatakan ketika memasuki usia pra sekolah, resiko anak mengalami karies cukup tinggi, hal ini dimungkinkan karena pengetahuan, sikap, dan perilaku orang tua terutama ibu dalam pemeliharaan gigi yang kurang, kondisi ini memberi pengaruh signifikan terhadap perilaku anak dalam pemeliharaan kesehatan giginya. Oleh karena itu orang tua terutama ibu sangat berperan penting untuk mencapai keberhasilan pemeliharaan gigi, karena bila diabaikan maka kelainan pada gigi yang kita kenal dengan karies gigi sangat mudah terjadi.

Rampan Karies

Karies pada anak yang mengenai beberapa bahkan hampir seluruh gigi disebut rampan karies. Pengertian Rampan karies adalah karies yang terjadi sangat cepat pada gigi anak-anak pada gigi seri atas dan gigi geraham yang muncul dan menyebar secara luas menyeluruh mengenai syaraf gigi, bahkan mengenai daerah mahkota gigi dengan cepat juga permukaan gigi yang imun terhadap karies. Rampan karies  sering menimbulkan rasa sakit sehingga anak sulit makan dan rewel

Tanda-tanda rampan karies biasa terlihat pada email gigi dengan munculnya garis berwarna kecoklatan yang tidak dapat dibersihkan dengan sikat gigi, biasanya pada gigi seri atas diawali hanya pada satu gigi, lama kelamaan berkembang ke gigi-gigi lainnya. Garis berwarna kecoklatan tersebut menandai awalnya proses kerusakan email. Proses kerusakan email terus berlanjut jika penyebabnya tidak segera dihilangkan.

Rampan karies juga merupakan kelainan multifaktorial dimana beberapa faktor saling berinteraksi antara lain:

  1. Makanan atau minuman manis, susu, soft drink
  2. Kebersihan mulut
  3. Pola makan yang kurang baik
  4. Pemeliharaan kebersihan gigi tidak tepat
  5. Kebiasaan-kebiasaan yang tidak sesuai, seperti mengemut makanan, pemberian makanan melalui botol.
  6. Ketidakpahaman orang tua terhadap penyebab utama karies dan intensitas pemberian makanan kurang tepat, lama larutan di rongga mulut, tertidur sambil mengemut makanan.

Melihat interaksi beberapa faktor tersebut dan mengingat karies ini terjadi pada anak-anak maka pengaruh orang tua sangat berperan dalam membentuk perilaku anak untuk menjaga kebersihan giginya sebagai tindakan pencegahan, terutama ibu orang yang terdekat dengan anak, karena ibu dapat memberi pengaruh yang sangat signifikan terhadap sikap dan perilaku anak.

Dapat dikatakan pengetahuan ibu tentang kesehatan gigi akan sangat menentukan status kesehatan gigi anak kelak. Sehingga, pendidikan kesehatan gigi harus diperkenalkan sedini mungkin pada anak agar mereka mengetahui cara memelihara kesehatan gigi dan mulut secara baik dan benar sehingga pencegahan dapat dilakukan.

Kini dimana ilmu pengetahuan semakin baik dan semakin mudah untuk diakses, namun terkadang banyak orang tua yang belum mengetahui tentang perkembangan dan pemahaman pentingnya pemeliharaan kesehatan gigi terutama gigi anak anak. Walau banyak kemajuan tapi tidak seperti yang diharapkan terutama untuk prevalensi karies pada usia balita.

 

Peran Ibu Dalam Pencegahan Karies Gigi – Lentera Keluarga

 

Gambar Gravatar
Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *