Kacang, Camilan Kriuk Yang Menyehatkan

Bagi Anda yang menyukai makanan garing-garing, mulai sekarang perbanyaklah konsumsi kacang, cemilan kriuk yang menyehatkan. Mengapa demikian? Sebab, selama ini bagi kita yang hobi ngemil makanan kriuk atau garing, biasanya selalu memilih kripik. Sedangkan 1 ons kripik biasanya berkalori cukup besar. Selain itu kripik yang beredar di pasaran saat ini tak lepas dari bumbu penyedap seperti msg atau vetcin yang berbahaya bagi tubuh karena bisa memicu kanker.

Camilan Kacang

Berdasarkan informasi dari salah satu jurnal kesehatan bahwa mengemil kacang 25 gram/hari dapat menurunkan berat badan dan mampu menghindari stress akibat kelelahan otak. Selain itu dengan memilih kacang sebagai cemilan, maka tubuh kita bisa terhindar dari beberapa penyakit, seperti: serangan jantung mendadak, diabetes, kolesterol tinggi, kanker dan TBC.

Mengapa bisa demikian? Sebab, kacang merupakan salah satu sumber protein terbesar yang didalamnya mengandung zat besi, fosfor, magnesium, niacin, dan tembaga. Kacang juga kaya akan vitamin B dan vitamin E.

Di bawah ini terdapat beberapa kacang yang biasa di konsumsi masyarakat Indonesia.

Baca Artikel lainnya:  Kuliner Jajanan Kota Bandung

Kacang Tanah

Kacang tanah biasa di konsumsi oleh masyarakat Indonesia dengan cara di rebus, panggang dan di goreng. Kacang tanah juga banyak dijumpai dipasaran yang masih utuh bersama dengan kulitnya yang kita kenal dengan kacang kulit. Banyak manfaat yang di dapat dari mengkonsumsi kacang tanah, seperti: membantu dalam pembentukan sel-sel darah merah, menjaga kadar gula dalam darah, dan melindungi ibu hamil dan janinnya. Semua itu karena kacang tanah kaya akan asam folat dan vitamin.

Kedelai

Kacang kedelai bila di konsumsi secara utuh seperti kedelai goreng atau panggang, bisa menghalau kolesterol jahat karena didalamya mengandung lemak tak jenuh. Vitamin K yang berada di dalam kedelai juga mampu membantu menyerap kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kacang Mete

Kacang mete biasa di konsumsi secara utuh dengan cara di panggang atau di goreng. Mengemil kacang mete 1 ons setiap hari dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga bisa terhindar dari gejala anemia, osteoporosis , menyembuhkan luka-luka dan tidak mudah mengalami infeksi. Kacang mete kaya akan zat mineral.

Baca Artikel lainnya:  Keluarga Bahagia Berkat Pola Makanan Sehat

Biji Kenari

Karena kelezatannya, biji kenari sering digunakan untuk kue. Biji kenari mengandung omega-3, magnesium, dan fosfor yang berfungsi mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu, sering mengkonsumsi biji kenari juga bisa melawan penyakit karena faktor usia.

Kacang Almond

Penggunaan kacang almond di Indonesia, biasa kita temukan pada sebatang coklat. Meskipun demikian, kacang almond pada coklat atau pun yang di makan utuh sama-sama mengandung protein, vitamin E, dan zat mineral. Sering mengkonsumsi kacang almond juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan melancarkan sistem pencernaan.

Selain kelima kacang di atas, bagaimana dengan kacang Bogor dan kacang koro yang juga termasuk cemilan kriuk orang Indonesia? Kedua kacang tersebut juga sangat bermanfaat untuk tubuh karena menyimpan zat mineral dan vitamin didalamnya. Untuk itu biasakanlah membeli kacang, cemilan kriuk yang menyehatkan.

 

Kacang, Camilan Kriuk Yang Menyehatkan

Recommended For You

About the Author: Keluargaku

Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *