Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyusui Bayi

menyusui bayi

Pemberian ASI ekslusif perlu dilakukan selama 6 bulan pertama kehidupan Si Kecil. Bagi ibu baru, saat-saat awal menyusui bayi mungkin akan sedikit menyulitkan. Karena itu, Moms perlu mengetahui posisi-posisi menyusui yang benar sehingga proses menyusui menjadi lebih nyaman sehingga dapat terbentuk bonding antara ibu dan anak yang baik.

Persiapan menyusui saat masa kehamilan

Persiapan jauh-jauh hari ini tentu sedikit banyak akan membantu diri Anda lebih siap sehingga bisa menyusui dengan cara yang benar.

  • Banyak bertanya dan bertukar cerita mengenai cara yang benar dengan ibu yang telah mulai menyusui bayinya lebih dahulu.
  • Banyak bertanya dengan dokter untuk mendapatkan jawaban mengenai kebingungan seputar cara menyusui. Mencari banyak informasi dari buku, internet, maupun beragam sumber terpercaya lainnya.
  • Diskusikan dengan dokter mengenai kondisi kesehatan tubuh Anda. Terutama jika Anda pernah menjalani operasi, mengalami cedera, maupun berbagai kondisi medis lainnya.
  • Bicarakan juga dengan dokter jika Anda mengalami depresi atau sedang rutin minum suplemen maupun obat-obatan tertentu agar nantinya dapat menyusui dengan cara yang benar.
  • Persiapkan beberapa hal yang sekiranya akan Anda butuhkan nantinya. Persiapan bisa berupa bra menyusui, penutup menyusui (cover atau nursing scarf), maupun bantal menyusui (nursing pillow).
  • Rutin melakukan teknik relaksasi
Artikel Lentera Keluarga lainnya:  Cara Mudah Beli Mobil Di Seva.id

Persiapan sebelum mulai menyusui bayi

Setelah bayi baru lahir, ini saat yang tepat untuk menerapkan segala hal yang sudah Anda pelajari tentang cara menyusui.

Dengan begitu, Anda tidak merasa kaget karena sedikit banyak sudah cukup memahami mengenai cara menyusui yang benar.

Sebaiknya jangan ada yang terlewatkan karena mempersiapkan segala halnya dengan baik tepat bisa menjadi salah satu indikator keberhasilan menyusui.

Berikut cara menyusui bayi yang sebaiknya Anda lakukan:

  • Dekatkan bayi Anda dan terapkan interaksi langsung antara kulit (skin to skin contact) tepat setelah bayi lahir.
  • Usahakan untuk tidak memberikan botol dot maupun puting buatan sampai bayi bisa menemukan dan menempel dengan mudah pada puting payudara Anda.
  • Cari ruangan khusus menyusu atau sudut maupun ruangan yang tenang bila Anda sedang berada di luar rumah.
  • Gunakan bra khusus untuk memudahkan Anda saat menyusui.
  • Gunakan pakaian yang dilengkapi celah di bagian kanan dan kiri pada area dekat payudara untuk memudahkan proses menyusu.
  • Pilih dan sediakan jenis bantal menyusui yang sekiranya nyaman untuk Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.
  • Siapkan penutup atau nursing scarf khususnya jika Anda hendak menyusui bayi di luar rumah dengan cara yang benar.
Artikel Lentera Keluarga lainnya:  Pembelian dan Aturan Pakai Laperma Platinum

Dokter maupun tim medis biasanya memang akan langsung meletakkan bayi di atas perut Anda untuk melakukan inisiasi menyusui dini (IMD).

Selain bertujuan agar terjadi interaksi langsung antara kulit Anda dan bayi alias skin to skin contact, prosedur IMD juga akan membantu bayi agar bisa mencari puting payudara Anda dengan sendirinya.

Pastikan posisi anda menyusui sudah benar, agar bayi tetap nyaman. Salah satu hal kecil lainnya yaitu dengan penggunaan popok dimana hal ini merupakan salah satu hal yang berperan penting dalam tingkat kenyamanan bayi, seperti popok Merries menjadi popok kepercayaan no 1 di Jepang karena dengan lapisan anti bocor dan cocok juga untuk kulit sensitif.

 

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyusui Bayi

Recommended For You

About the Author: Keluargaku

Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *