10 Tanda-tanda Gejala Sakit Pada Anak

Tidak seorangpun menginginkan sakit. Namun, kadang sakit datang tanpa diundang. Kita akan merasa susah jika sakit mengunjungi rumah kita, apalagi kalau hal ini menimpa anak-anak kita. Peranan orang tua sangat penting dalam mengamati perilaku anak-anaknya, mereka itu sehat-sehat saja atau sedang dalam keadaan sakit. Jadi, seorang ayah atau ibu, adalah ‘dokter’ bagi kesehatan anak-anaknya.

Setiap orang yang sedang sakit, memiliki tanda-tanda ketidak-normalan pada anggota tubuhnya serta pada tingkah lakunya. Tentu saja dalam hal ini sakit yang sifatnya tidak berat, yang tidak membutuhkan pertolongan seorang dokter ahli atau pun rumah sakit.

Gejala Anak Sakit

10 Tanda-tanda (Gejala) Sakit

Keadaan kesehatan anggota keluarga bisa dilihat dari kondisi fisiknya, baik wajah, tangan maupun anggota badan lainnya, sebagaimana diuraikan di bawah ini.

1. Sakit kuning (icterus).

Tanda-tanda sakit kuning yaitu bagian putih mata dan telapak tangan menjadi berwarna kuning. Hal ini karena adanya penimbunan bilirubin dalam darah, yang tidak bisa dibuang sempurna oleh hati.

2. Anemia.

Jika kelopak mata yang bawah berwarna pucat, bisa jadi ini gejala anemia. Anemia juga ditandai ketika ujung jari tangan di tekan lalu dilepas tidak segera berwarna merah, tetapi menjadi putih.

3. Stress.

Pandangan mata kabur atau tidak fokus, belum tentu disebabkan mata minus. Keadaan stress juga bisa membuat retina mata rusak.

4. Kolesterol.

Jika ujung-ujung jari tangan warnanya lebih merah dari telapak tangan ini tanda tingginya kolesterol. Tanda lainnya kandungan kolesterol tinggi yaitu bagian iris mata (pinggir bagian yang berwarna hitam) terdapat cincin berwarna putih.

5. Diabetes.

Melemahnya pandangan mata dan mata yang keruh, ini bisa menandakan adanya diabetes.

6. Kanker.

Bagi perempuan, jika jari telunjuk anda lebih panjang dari jari manis, maka ini tanda kandungan estrogen yang tinggi sehingga memacu pertumbuhan kanker.

7. Jantung.

Osteoasthritis atau pembengkokan jari, yaitu jika jari kelingking anda bengkok ke dalam maka bisa jadi adalah gejala kelainan jantung.

8. Autisme.

Jika pertumbuhan jari manis sangat panjang, maka itu akibat hormon testoteron yang berlebihan, sebagai tanda adanya penyakit autisme.

9. Pernafasan.

Gangguan pernafasan bisa dilihat dari warna kuku jari tangan yang kebiru-biruan. Ini terjadi karena darah kekurangan oksigen.

10. Sembelit.

Garis-garis pada ruas jari tangan berwarna gelap, menandakan adanya kelainan pada kolon (usus besar) yang berupa sakit sembelit. Sembelit juga bisa dilihat dari ibu jari yang bengkok ke belakang, atau jari telunjuk yang bengkok ke kanan atau ke kiri.

 

Mengetahui Tanda-tanda Gejala Anak Sakit

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *