Minuman Tradisional Wedang Secang Yang Menyehatkan

Posted on

Saat ini sudah jarang dijumpai minuman tradisional wedang secang yang dijajakan warung kaki lima di emperan toko atau di angkringan yang menjadi ciri khas kota Yogyakarta. Wedang secang sudah tidak asing lagi untuk sebagian orang yang bermanfaat  untuk menghangatkan, menyegarkan tubuh, juga minuman hangat ini termasuk   minuman yang relatif murah.

wedang secang

 

Wedang secang adalah salah satu minuman tradisional penghangat badan yang cukup digemari oleh masyarakat luas di Indonesia terutama yang tinggal di dataran tinggi. Dari yang muda hingga orang dewasa , sangat menyukai wedang secang yang dibuat dengan cara perpaduan dari kayu secang, kayu manis, cengkeh, kapulaga, jahe dan serai yang membuat wedang secang memiliki wangi yang sangat harum dan khas, juga memiliki warna menarik yaitu merah.

Warna merah yang terdapat pada wedang secang adalah warna yang dihasilkan dari kayu secang yang juga memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh kita jika dinikmati secara tepat. Minuman hangat secang biasanya paling enak dinikmati saat sore hari sampai malam hari selagi hangat dan saat cuaca dingin seperti malam hari. Menikmati wedang secang dengan kacang goreng, camilan atau lainnya menurut selera terasa akan lebih makyus. Apalagi menjadi teman saat begadang, ronda atau sekedar ngobrol bersama teman-teman di malam hari yang dingin.

Keberadaan wedang merah alami saat ini sulit didapat di warung-warung, entah kenapa? Kemungkinan kesulitan mencari bahan baku kayu secang, atau sudah mulai jarang dilirik orang? Namun, sekarang banyak wedang secang dikemas dalam bentuk instan, tinggal diseduh dengan air panas. Atau kita membuat wedang secang sendiri plus ditambah jahe biar tambah anget

Resep Wedang Secang

 

Minuman Tradisional Wedang Secang – Kuliner Lentera Keluarga

Gambar Gravatar

Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

4 thoughts on “Minuman Tradisional Wedang Secang Yang Menyehatkan

    1. : kayu secang itu kayak serutan kayu gitu coba dicari di pasar tradisional ato g kayak carrefur itu ada kok kayu secang itu yg bikin warna buat minuman selamat mencoba salam kenal dr smg 🙂

  1. Terimakasih atas respon yang dkmispaaian, untuk bergabung menjadi agen wedang herbal Telaga Rasa bisa menghubungi customer servis kami melalui (0274) 3000-422 atau SMS 081-329-612-111. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  2. Rasanya agak pedes nih, rempah-rempahnya banyak bgt (y)
    Maaf sebelumnya numpang ngasih info nih, buat yang gamau repot masak waktu mau ngadain pesta/syukuran/resepsi pernikahan tapi tetep pengen nyicip makanan enak?
    kami dari Bu Mentik Catering and Wedding Organizer bisa loh menyediakan jasa catering dan paket pesta pernikahan.. makan dari kami dijamin fresh.. lezat.. halal.. dan tentunya tanpa vetsin.. langsung cek situs kami yuk.. http://www.bumentik.com

    Terimakasih.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *