Tips Merawat Pecah Belah Agar Awet

Posted on

Setiap keluarga pasti memiliki pecah belah sebagai peralatan makan yang terbuat dari beling atau keramik. Ada beberapa tips yang dapat Bunda lakukan agar peralatan pecah belah awet dan tidak mudah belah atau retak. Berikut beberapa tips sederhana untuk merawat peralatan makan dari bahan pecah belah.

membersihkan pecah belah

Penyimpanan Pecah Belah

  1. Piring atau mangkuk sebaiknya jangan ditumpuk berlebihan di tempat penyimpanan baik itu di rak maupun lemari. Peralatan pecah belah cenderung berat yang dapat menyebabkan bagian paling bawah menjadi retak atau pecah karena menahan beban yang berlebihan. Sebaiknya disimpan dengan cara disusun berjajar.
  2. Hindari penyimpanan pecah belah di dekat kompor atau terkena sinar matahari secara langsung. Peralatan pecah belah gampang retak atau pecah jika terus-menerus kena panas. Simpan di tempat bersih dan tertutup.

Baca juga: Tips Hemat Saat Mencuci

Mencuci Pecah Belah

  1. Mencuci barang pecah belah sebaiknya dimulai yang terdapat kotoran sedikit seperti gelas atau cangkir. Hal ini agar barang pecah belah yang sedikit bersih tidak terkontaminasi oleh kotoran peralatan pecah belah yang lain.
  2. Rendam piring atau mangkuk yang memiliki kotoran membandel seperti sisa nasi yang mengering, terlebih dahulu. Hal ini disebabkan, biasanya akan sulit dibersihkan saat dicuci. Perlu diketahui, untuk peralatan yang terbuat dari aluminium sebaiknya jangan direndam terlalu lama dalam air sabun karena bisa membuat warnanya memudar.
  3. Lemak yang menempel di piring biasanya susah hilang saat dicuci. Untuk itu manfaatkan air hangat untuk menghilangkan lemak tersebut. Namun hati-hati, jangan menggunakan air mendidih atau terlalu karena beberapa peralatan pecah belah rentan terkena air panas.
  4. Hindari sabut kasar atau sabut yang berbahan besi karena bisa merusak motif pecah belah terutama pada piring. Gunakan spon halus dan sabun cuci saat dibersihkan
  5. Setelah peralatan pecah belah dicuci, tiriskan dan keringkan dengan lap kering untuk menghindari noda air yang tertinggal sebelum menyimpan dalam lemari.. Jika tidak, noda air yang mengering akan susah dihilangkan.

Semoga tips sederhana Merawat Pecah Belah dapat bermanfaat – Lentera Keluarga

Gambar Gravatar
Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *