Inilah Beberapa Manfaat Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan salah satu jenis tanaman sekaligus makanan berupa bijian yang sudah sangat sering dikonsumsi oleh masyarakat di tanah air. Pada umumnya, orang-orang Indonesia akan lebih memilih mengkonsumsi kacang tanah dengan cara direbus atau pun disangrai. Akan tetapi, saat ini sudah banyak pula yang telah mengolahnya menjadi cemilan sehat, selai hingga bahan dasar sambal.

Manfaat Kacang Tanah

Selain gurih dan lezat, kacang tanah juga memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh seperti mineral, kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi, karbohidrat, dan juga vitamin B1.

Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan

Untuk mengetahui manfaat lain dari kacang tanah untuk tubuh maka berikut informasinya untuk Anda.

1. Memperbaiki sel-sel di dalam tubuh

Menurut penelitian, kacang tanah mempunyai sumber protein nabati sekitar 25,8 g per 100 g kacang tanah atau sebanding dengan setengah kebutuhan harian tiap orang. Protein sendiri memiliki peran penting dalam membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh manusia.

2. Mencegah terjadinya kolesterol tinggi

Kacang tanah juga memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, jenis lemak seperti ini termasuk sebagai jenis lemak yang sehat untuk tubuh. Di dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh maka akan mampu mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah. Kandungan tersebut juga dapat menurunkan terjadinya resiko penyakit jantung dan juga stroke. Karena masih mengandung lemak jenuh meskipun dengan jumlah sedikit, Anda disarankan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang sedang saja.

3. Melancarkan proses pencernaan

Sebagai sumber serat makanan yang baik, kacang tanah sangat efektif sebagai makanan pelancar proses pencernaan. Seperti yang diketahui jika serat adalah nutrisi yang mampu membantu melancarkan buang air besar.  Di dalam kacang tanah sendiri mengandung serat sekitar 8,5 g per 100 g bahan. Total kandungan serat ini mampu mencukupi sekitar 25 persen kebutuhan serat harian pada laki-laki serta 33 persen serat harian untuk perempuan.

Baca Artikel lainnya:  Perubahan Cuaca Kuman Cepat Berkembang

4. Menurunkan berat badan

Kacang tanah juga bermanfaat sebagai sumber makanan untuk menjaga tubuh yang ideal. Kandungan lemak yang sehat, protein, serta serat yang tinggi menjadikan kacang tanah sangat cocok dijadikan sebagai cemilan sehat, terutama untuk Anda yang sedang melakukan proses diet. Beberapa penelitian juga menyebutkan jika mengkonsumsi kacang tanah atau pun jenis kacang-kacangan lainnya akan mengurangi resiko terjadinya obesitas atau kegemukan selama 5 tahun.

5. Mengelola kadar gula darah

Manfaat lain kacang tanah ialah mampu mengelola kadar gula darah di dalam tubuh. Karena sangat baik untuk kadar gula darah maka kacang tanah sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes atau resiko diabetes. Kandungan indeks glikemik yang rendah pada kacang tanah juga akan menjaga kestabilan kadar gula darah di dalam tubuh. Ahli gizi memasukkan kacang tanah sebagai makanan dengan indeks glikemik rendah karena hanya memiliki skor GI sekitar 23 saja jika dibandingkan jenis makanan lainnya.

6. Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung memang menjadi momok yang sangat menakutkan. Sejauh ini, penyakit jantung telah menjadi penyebab utama terjadinya kematian di seluruh dunia. Kacang tanah menjadi makanan yang sangat direkomendasikan oleh para ahli gizi untuk mencegah terjadinya serangan jantung ini. Kandungan nutrisi yang sehat seperti magnesium, niasin, tembaga, asam oleat serta antioksidan yang tinggi menjadikan kacang tanah sebagai makanan yang berperan penting dalam menyehatkan jantung.

Baca Artikel lainnya:  Jangan Banyak Makan Micin Nanti Jadi Bodoh

7. Mencegah batu empedu

Pada dua penelitian observasional membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi kacang tanah secara rutin akan membantu dalam mengurangi resiko batu empedu pada pria dan juga wanita.  Efek penurun kolesterol pada kacang tanah dipercaya ampuh dalam menurunkan kolesterol yang menjadi penyebab batu empedu.

8. Mencegah bayi lahir cacat

Di dalam kacang tanah juga terdapat biotin tinggi yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Manfaat biotin ini sangat berperan dalam mencegah terjadinya janin yang cacat serta membantu menjaga sistem saraf di dalam tubuh.

9. Mencegah anemia

Asam folat pada kacang tanah sangat berperan menjaga kesehatan tubuh. Salah satu fungsi dari asam folat ini sendiri ialah memproduksi sel-sel darah merah yang dapat mencegah anemia.

10. Merawat kulit

Kandungan vitamin E di dalam kacang tanah juga sangat berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Sehingga, kacang tanah dapat mencegah terjadinya peradangan dan membantu meningkatkan elestisitas dan kelembapan kulit.

Itulah beberapa manfaat kacang tanah untuk kesehatan selain rasa yang nikmat. Untuk info lain tentang kesehatan dapat membuka situs https://www.halodoc.com atau bisa mendownload dan menginstal aplikasi Halodoc di smartphone kamu, karena terdapat artikel lengkap dan terpercaya seputar kesehatan dan gaya hidup sehat secara online. Ada banyak kategori kesehatan untuk berita terkini, tips dan rekomendasi, hingga pengetahuan umum.

 

Manfaat Kacang Tanah

Recommended For You

About the Author: Keluargaku

Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *