Keindahan Pemandangan Danau Toba Sesungguhnya di Menara Pandang Tele

Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata unggulan propinsi Sumatera Utara yang ditetapkan menjadi salah satu dari 10 Tempat Wisata Indonesia Andalan oleh pemerintah Indonesia serta didukung banyak pihak seperti Kemenko Maritim, Menteri Pariwisata, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam menyiapkan danau Toba sebagai destinasi wisata prioritas.

Tidak berlebihan, karena danau Toba merupakan kaldera terbesar di dunia yang menarik untuk dieksplorasi. Dikelilingi jajaran bukit barisan yang menjulang tinggi membuat Danau Toba di setiap sudutnya terbilang sangat eksotis.

Menara pandang Tele Samosir Medan

Menara Pandang Tele

Salah satu spot terbaik untuk melihat keeksotisan Danau Toba dan sekitarnya adalah di Menara Pandang Tele atau biasa disebut Menara Tele. Secara administrasi, Menara Pandang Tele masuk dalam wilayah Kabupaten Samosir dan berada di akses tunggal via jalur darat menuju dan keluar Pulau Samosir.

Keberadaan menara pandang tele yang dibangun sejak 1988 silam dan telah di renovasi oleh  Balitbang Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) itu untuk memberikan kesempatan bagi wisatawan menikmati pemandangan Danau Toba. Apalagi sekarang aksesibilitas ke Danau Toba semakin luas dengan hadirnya penerbangan internasional ke Bandara Silangit.

Bahkan, Kementerian PUPR juga telah membangun fasilitas tempat istirahat (rest area) dua lantai berstandar internasional dan ramah lingkungan. Di lantai satu terdapat toilet, mushola, ruang menyusui, dan area parkir.

Baca Artikel lainnya:  Kemping, Rekreasi Murah Bersama Keluarga

Sementara itu, di lantai dua terdapat area seluas 214 meter persegi berupa rumah kaca sebagai ruang serbaguna berkapasitas 40 orang, spot swafoto, dan balkon. Harga tiket masuk ke Menara Pandang Tele sebesar Rp 7.000 per orang.

 

Dari menara berlantai 4 yang berada di Jalan Tele ini, pengunjung dapat menikmati Danau Toba dan sekitarnya. Udara sejuk di atas menara bikin wisatawan betah berlama-lama di sana. Menara Pandang Tele memang merupakan tempat terbaik untuk melihat keindahan Danau Toba.

Jika ingin menikmati keindahan Danau Toba lebih lama, wisatawan tidak perlu kuatir untuk masalah akomodasi dan penginapan. Saat ini banyak hotel di Danau Toba yang dapat dipilih. Apa lagi ada fitur pencarian Hotel dari Pegipegi yang dapat digunakan untuk mencari dan memilih hotel sesuai kebutuhan dengan sangat lengkap, mulai dari harga hingga fasilitas hotel yang disediakan.

Pegipegi Hotel Danau Toba

Untuk urusan pencarian hotel Danau Toba Medan, serahkan saja kepada Pegipegi. Fokuskan saja rencana untuk berwisata di Danau Toba, karena banyak obyek wisata menarik lainnya selain menara pandang Tele.

Baca Artikel lainnya:  Meskipun Menjijikkan, Makanan Ini Halal Di Konsumsi

Wisata Danau Toba Medan

Danau Toba adalah salah satu destinasi andalan di Indonesia. Melihat keindahan Danau Toba sesungguhnya, jelas tidak dapat dari satu titik saja. Selain dengan menyisir tepian danau Toba, ada sensasi lain menikmati keelokan Danau Toba yaitu dari ketinggian.

Oleh karena itu, keberadaan Menara Pandang ini sangat penting. Menara Pandang seakan-akan menyambut kedatangan wisatawan yang datang ke Samosir dan menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati eksotisme Danau Toba

Rest Area Menara pandang Tele

Dari Menara Pandang, juga terlihat Gunung Pusuk Buhit yang oleh sebagian masyarakat mempercayai bahwa gunung ini merupakan asal muasal orang Batak yang tinggal di Samosir.

Lokasi Menara Pandang Tele jika dari Pangururan, Ibu Kota Samosir, jaraknya sekitar 45 menit perjalanan darat. Jalan menuju ke Menara Pandang Tele menanjak terus tanpa jeda dan berkelok-kelok dengan banyak tikungan tajam.

Tele sendiri merupakan kawasan tertinggi di sekitar Danau Toba. Oleh karena itu, perlu kendaraan yang fit serta butuh konsentrasi ekstra dan kemahiran berkendara. Namun kesemuanya terbayarkan oleh pemandangan alam yang sangat luar biasa.

 

Keindahan Danau Toba Sesungguhnya di Menara Pandang Tele

Recommended For You

About the Author: Keluargaku

Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *