Kecemburuan Terhadap Adik Baru

Posted on

Kehadiran adik baru, sekalipun saudara kandung yang diharapkan orangtua, mungkin akan menumbuhkan  kecemburuan dan sangat tidak populer bagi anak. Sedikitnya ini merupakan ancaman porsi perhatian orangtuanya akan berkurang kepadanya. Meski tanda ini mungkin tidak terbaca, namun tersirat.

Meski kecemburuan sering dianggap normal atau diabaikan oleh orang tua, namun hal ini dapat menumbuhkan rasa tersingkirkan pada si kakak dan menjadikan hubungan antar saudara kandung menjadi kurang serasi. Orangtua perlu memperbaiki diri untuk mengelola kecemburuan ini dengan bijak dengan melibatkan kakak sebelum kehadiran adik baru.

kecemburuan-anak-ketika-hadir-adik-baru

Kecemburuan Kakak Terhadap Adik Baru

Tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan antar anak saudara kandung seringkali terjadi. Sikapilah dengan kesediaan orang tua untuk dapat membagi perhatian kepada semua anak yang ada sesuai porsinya. Jarak umur anak berpengaruh atas persaingan anak mendapatkan perhatian orangtua. Jarak umur 2-4 tahun lebih sering membangkitkan kecemburuan antar anak. Beberapa ahli mengatakan jarak umur 5 tahun atau lebih akan menguranginya.

Beberapa hal yang dapat mengurangi perasaan cemburu terutama ketika kehadiran adik baru.

  1. Beritahukan sebelumnya. Katakan bahwa akan ada pendatang baru dalam keluarga. Pemberitahuan dari tangan pertama akan lebih baik daripada informasi datang dari orang lain.
  2. Tenangkan anak. Beri cukup perhatian, terutama untuk mengatasi kecemasan atau kemarahannya, pastikan bahwa orangtua akan tetap memberikan kasih sayangnya.
  3. Jujur. Katakan bahwa adik baru memerlukan mereka semua, termasuk perhatian dan bantuan. Katakan juga bahwa bayi akan banyak menangis, sebab inilah caranya berkomunikasi sebelum dapat berbicara.
  4. Sertakan anak. Aktivitas apapun yang dapat dilakukan bersama anak, lakukanlah, meski hanya kehadirannya yang diperlukan untuk menyiapkan segala sesuatu menyambut pendatang baru
  5. Hindari perubahan drastis. Upayakan untuk tetap beraktivitas sesuai jadwal rutinnya, perubahan dilakukan secara bertahap.

Orangtua akan bertambah sibuk dengan kehadiran pendatang baru, karena itu siapkan energi lebih besar dan kesehatan yang lebih baik. Menegakkan disiplin bagi diri sendiri dan setiap anak merupakan langkah yang membantu.

Sumber: Mengurangi Cemburu Anak Ketika Hadir Adik Baru

 

Kecemburuan Terhadap Adik Baru – Lentera Keluarga

Gambar Gravatar
Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *