Cara Membuat Kecap Dari Air Kelapa

Produksi buah kelapa cukup melimpah di Indonesia. Meski demikian, pemanfaatan buah kelapa terbatas dan kebanyakan diprioritaskan konsumsi langsung ataupun dimanfaatkan santannya. Air kelapa bahkan banyak yang dibuang percuma. Belum banyak alternatif untuk mengoptimalkan pemanfaatan air kelapa menjadi suatu produk. Padahal air kelapa bisa diolah menjadi kecap.

Kecap merupakan salah satu jenis bumbu masakan yang banyak disukai orang. Biasanya digunakan untuk campuran makan bubur, bakso, soto, sate dan banyak lagi makanan lainnya. Awalnya kecap dibuat orang dari bahan baku kacang kedelai. Adanya teknologi kuliner yang terus berkembang berhasil menemukan bahan baku lain untuk membuat kecap yang tak kalah nikmatnya dengan kecap kedelai yaitu air kelapa

 

Cara membuat kecap dari air kelapa

Resep kecap air kelapa dibuat untuk mengoptimalkan pemanfaatan limbah air kelapa agar menjadi suatu produk yang murah dan pembuatannya mudah yaitu kecap, air kelapa akan memberikan rasa gurih pada kecap yang di hasilkan. Pada prinsipnya, pembuatan kecap air kelapa sama dengan pembuatan kecap dengan bahan kacang kedelai, bahkan jauh lebih mudah dan tidak memakan waktu pembuatan yang terlalu lama.

Proses pembuatan kecap dari air kelapa ini terbilang cukup mudah. Pembuatannya sangat sederhana, yakni melalui beberapa tahapan antara lain; proses penjernihan air kelapa, proses persiapan bumbu, proses pemanasan/penggodokan dan pengolahan, proses penyaringan dan penambahan bahan pengawet dan proses pembotolan/pengepakan.

Bahan Dasar

  • air kelapa

Bahan Bumbu

  • pekak
  • kemiri
  • bawang putih
  • keluak (kepayang, picung atau pucung, kluwek atau kluwak)
  • lengkuas
  • sereh,
  • wijen
  • daun Salam
  • gula jawa
  • Garam

Cara Pengolahan

1. Penjernihan air kelapa

Air kelapa yang telah terkumpul kemudian dimasukkan ke dalam wadah besar kemudian biarkan saja sampai air kelapa itu berpisah sendiri antara yang bersih (di atas), dan yang kotor (di bawah). Air kelapa yang sudah bersih jernih kemudian disaring, atau disedot bagian atas (yang bersih) dengan menggunakan selang plastik.

2. Membuat Bumbu

Bahan bumbu pekak, kemiri, bawang putih, wijen, daun salam disangrai terlebih dahulu (digoreng tanpa minyak/sedikit minyak). Kemiri dan bawang putih ditumbuk dahulu, kemudian ditumis/digoreng dengan sedikit minyak goreng. Pada proses penggorengan bahan tersebut diusahakan jangan sampai terlalu gosong, sebab jika terlalu gosong akan mempengaruhi rasa kecap (pahit). Sedangkan kluak dipecahkan, kemudian direndam dalam air sebentar dan seterusnya digiling. Sedangkan lengkuas dibersihkan kemudian diiris tipis-tipis dan sereh dimemarkan. Untuk gula merah diiris, kemudian dipanaskan hingga meleleh.

3. Pembuatan Kecap

  • Jika semua bahan bumbu sudah siap, maka pemanasan air kelapa dimulai. Selama pemanasan berlangsung bumbu-bumbu dimasukkan ke dalamnya sebagai penyedap rasa. Untuk vetsin sebaiknya ditambah setelah pemanasan dianggap selesai.
  • Selama pemanasan berlangsung jangan lupa diaduk agar panasnya merata dan tidak gosong. Pemanasan dianggap selesai jika cairan sudah mulai mengental dan dites dengan mengambil cairan tersebut tidak putus alirannya.
  • Proses selanjutnya, penyaringan dan penambahan bahan pengawet. Kecap hasil pemanasan dipindahkan kedalam tempat yang telah dilengkapi alat penyaring. Hasil penyaringan ini kemudian ditambahkan bahan pengawet, bahan pengawet yang digunakan adalah asam benzoat 0,02 %.
  • Penambahan bahan pengawet ini untuk mencegah terjadinya jamur pada kecap selama kecap disimpan dan juga menjaga agar tidak terjadi perubahan rasa selama kecap belum dimanfaatkan. Bahan pengawet ini ditambahkan setelah penyaringan selesai. Untuk meratakan bahan pengawet ini kecap diaduk sebentar.
  • Usai penyaringan, hasil kecap dapat dimasukkan ke dalam botol yang bersih untuk mencegah bakteri-bakteri yang akan merusak kecap. Kemudian disimpan untuk digunakan untuk konsumsi sendiri atau bisa juga dijual.

Kecap air kelapa tidak jauh berbeda dengan kecap yang lainnya, namun cita rasa, kandungan protein. Cita rasa kecap yang bahan bakunya air kelapa sangat khas bila dibandingkan dengan kecap jenis lainnya misalnya kecap yang diproduksi melalui proses hidrolisa.

Kecap air kelapa bila dilihat dari tampilan dan warnanya persis sama dengan kecap kedelai. Tetapi teksturnya agak sedikit kasar oleh karena rempah-rempah bumbunya yang kadang tidak teracik secara halus seperti halnya kecap kedelai yang diproduksi oleh pabrik besar. Tetapi aroma dan flafournya tidak kalah nikmat dan menarik.

 

Cara Membuat Kecap Dari Air Kelapa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *