Tips Menikmati Arena Bermain Anak

Posted on

Kini makin banyak pusat bermain dan kegiatan anak-anak di pusat perbelanjaan atau biasa disebut play centre atau indoor activity centre. Solusi yang menyenangkan bagi orang tua dan anak karena keduanya bisa menikmati waktu masing-masing. Si bocah sibuk bermain dan bersosialisasi sedangkan orang tua bisa tenang berbelanja atau sekadar bersantai setelah anak kelelahan bermain.

Belum pernah mengajak anak ke fasilitas bermain semacam ini? Anda tidak sendirian, tapi tidak ada salahnya juga mencobanya sesekali. Perkenalkan anak ke permainan baru dan biarkan ia mengeksplorasi suasana baru, teman baru, dan sama halnya untuk Anda. Biasanya pusat bermain terbagi dalam beberapa area yang disesuaikan dengan usia anak. Jenis permainannya pun beragam seperti permainan fisik, seni, sosialisasi, logika, dan sebagainya.

arena bermain anak

Tips Menikmati Arena Bermain Anak

Masuk ke tempat baru bisa jadi pengalaman yang sedikit menakutkan baik bagi Anda maupun bagi si kecil karena perasaan tidak familiar dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Berikut ini beberapa tips agar Anda tidak merasa terlalu canggung dan terintimidasi. Kuncinya, tetap tenang dan bersikaplah terbuka untuk mencoba hal baru. Si kecil akan melihat Anda, jika Anda tenang maka ia juga akan tenang.

Persiapan Sebelum Bermain

Persiapan yang matang akan membuat si kecil dan Anda merasa nyaman dan lebih percaya diri memasuki tempat baru.

  • Pilih pusat bermain yang sesuai dengan usia anak. Minta izin untuk masuk melihat-lihat fasilitas sebelum memutuskan untuk membawa si kecil ke sana. Jika merasa kurang cocok, Anda tidak wajib mengajak si kecil ke sana.
  • Bawa perlengkapan sesuai kebutuhan anak, mulai dari pakaian ganti, popok, makanan, dan minuman. Jangan lupa membawa perlengkapan untuk Anda sendiri untuk menghabiskan waktu selama menunggu. Bahan bacaan, teka-teki silang, atau alat tulis bisa menjadi menghibur Anda sendiri.
  • Biasanya pusat bermain mewajibkan pengunjungnya memakai kaos kaki selama berada di dalam arena bermain. Untuk menghindari kejadian memalukan karena kaos kaki berbau apek, kenakan kaos kaki yang telah dicuci dengan cara menghilangkan bau kaos kaki yang tepat. Bawa juga sepasang kaos kaki bersih cadangan untuk dikenakan seusai si kecil bermain. Kaos kaki ini berfungsi untuk mencegah si kecil terkena penyakit yang bisa ditularkan melalui kaki-kaki kotor dan kotoran di tempat bermain serta melindungi kaki dari benda-benda tajam dan keringat berlebih. Oleh karenanya, pilih juga kaos kaki yang tidak berlubang sehingga sempurna menutup kaki.

Saat Bermain

Sama seperti Anda, si kecil pun bisa merasa grogi memasuki tempat baru. Asal persiapan sudah matang, santai saja. Arena aktivitas anak biasanya didesain sedemikian rupa hingga menjadi lingkungan yang aman bagi si kecil. Bersihkan tangan dengan gel antibakteri, pakai kaos kaki bersih, melangkahlah tenang, dan nikmati suasana baru. Asal tahu cara menghilangkan bau kaos kaki, Anda tak perlu was-was dengan bau apek yang menghantui.

Simak tips berikut:

  1. Ajak si kecil berkeliling bersama. Gandeng tangannya dan ajak berkeliling sambil melihat-lihat fasilitas. Coba mainkan beberapa permainan bersamanya hingga ia merasa nyaman.
  2. Ajak teman atau keluarga. Berada di dekat orang-orang yang familiar akan sangat membantu si kecil dan Anda. Ketika si kecil sibuk bermain, Anda ingin punya teman ngobrol juga bukan?
  3. Pilih tempat duduk yang strategis. Beri tahu si kecil tempat duduk Anda, itu akan menjadi pos Anda setiap saat si kecil ingin bertemu.
  4. Ngobrol dengan teman baru. Rileks saja dan bersikaplah terbuka untuk berkenalan dengan sesama orang tua, siapa tahu bisa menambah wawasan dan pengetahuan. Waktu pun jadi terasa singkat jika Anda asyik mengobrol.

Semoga beberapa tips di atas berguna. Selamat mengeksplorasi tempat baru dengan si kecil!

Gambar Gravatar
Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *