Resep Membuat Nasi Kepal Jepang

Posted on

Kalau sering nonton kartun Jepang Doraemon di televisi, pasti tidak asing dengan masakan yang satu ini yaitu Nasi Kepal yang sering di bawa Nobita ke sekolah. Nasi kepal yang disebut Onigiri oleh masyarakat Jepang banyak dijadikan bekal ke sekolah, kerja atau piknik karena tahan lama dan tidak cepat basi.  Selain itu, nasi kepal Jepang ini biasanya berisi daging ikan salmon panggang atau daging, telur dan sayuran yang berada di tengah-tengah nasi, sehingga kaya gizi.

Di Indonesia, onigiri Jepang dapat dibeli dengan mudah di restoran makanan Jepang atau sekarang sudah banyak di jual di gerai-gerai masakan Jepang di mall. Namun tidak ada salahnya membuat sendiri jika di sekitar tempat tinggal tidak ada yang menjualnya. Untuk membuat nasi kepal Jepang ini cukup mudah dan bisa di variasi dengan selera.

Resep Cara Membuat Nasi Kepal Jepang (Onigiri)
(Sumber gambar: pbs.twimg.com)

Resep Membuat Nasi Kepal Jepang (Onigiri)

Pembuatan nasi kepal Jepang dilakukan dengan tangan kosong dan tidak perlu cetakan khusus. Untuk itu, agar nasi dapat menempel dengan baik, sebaiknya onigiri dibuat dengan beras jepang yang mirip dengan ketan, atau gunakan nasi punel lainnya. Berikut cara sederhana dan cepat membuat Nasi Kepal.

Pertama-tama siapkan bahan-bahan untuk membuat nasi kepal, yaitu:

  • Nasi yang sudah tidak terlalu panas (hangat) sesuai porsi yang diinginkan
  • 1 butir telur, kocok sampai rata kemudian dimasak orak-arik
  • 2 lembar rumput laut kering atau nori, suwir kasar
  • 1 buah jagung, rebus kemudian disisir
  • Garam dan merica secukupnya

Cara membuat nasi kepal:

  1. Campur semua bahan-bahan di atas, kecuali rumput laut kering atau nori, ke dalam sebuah mangkuk dan aduk dengan tangan sampai rata.
  2. Kemudian ambil 2 sendok makan campuran nasi. Jika mau, bisa ditambahkan daging atau ikan yang dimasukkan ke dalam nasi.
  3. Kemudian kepal-kepal campuran nasi tersebut hingga berbentuk bola atau segitiga.
  4. Setelah itu bungkus dengan aluminium foil agar tetap awet dan hangat.

Tidak seperti kebanyakan makanan Jepang lainnya yang dimakan dengan menggunakan sumpit, Nasi kepal Jepang ini biasanya dimakan secara langsung dengan tangan kosong, tidak seperti umumnya makanan Jepang yang dimakan dengan menggunakan sumpit. Oleh karena itu, supaya nasi kepal tidak lengket di tangan, biasanya Onigiri dilapisi dengan lembaran nori (rumput laut kering).

Resep Nasi Kepal Jepang (Onigiri) – Lentera Keluarga 

Gambar Gravatar
Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

One thought on “Resep Membuat Nasi Kepal Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *