Implementasi Pendidikan Islam dalam Keluarga

Pendidikan Islam tidak hanya dilakukan di sekolah, tetapi juga harus dilakukan di rumah (keluarga) yang merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan dalam keberhasilan pendidikan Islam. Lingkungan keluarga merupakan partner penting suksesnya pelaksanaan pendidikan Islam. Pelaksanaan pendidikan Islam sebaik apapun, kalau tidak didukung oleh lingkungan keluarga Islami akan kurang berhasil dengan maksimal.

Pendidikan Islam dalam Keluarga

Penerapan pendidikan Islam hanya bisa terlaksana dalam keluarga yang Islami. Keluarga Islami memiliki karakter sebagai berikut, yang diantaranya yaitu: di dalamnya ditegakkan adab-adab Islam, baik menyangkut individu maupun seluruh anggota keluarga; didirikan atas landasan ibadah, saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran, saling amar ma’ruf dan nahi munkar karena kecintaannya kepada Allah; dapat menjadi teladan dan dambaan masyarakat dan ummat, tinggal dalam kesejukan iman dan kekayaan rohani; seluruh anggota keluarga merasakan suasana “surga” di dalamnya atau disebut juga Baiti Jannati.

Pendidikan Islam dalam keluarga Islami akan membantu anak untuk menjalankan kehidupannya kelak dengan landasan yang jelas. Pendidikan keagamaan diperlukan untuk menciptakan generasi yang dapat menjalankan kehidupan sesuai kaidah-kaidah yang berlaku dalam agama. Ketika anak tidak memiliki landasan agama yang memadai, ke depannya anak tidak akan memiliki pegangan ketika banyak godaan.

Cara untuk menerapkan pendidikan Islam dalam keluarga adalah dilakukan sejak dini. Semenjak dari kandungan, kedua orang tua harus rajin untuk membacakan calon bayi mereka dengan lantunan dari kitab suci Al-Quran. Dengan lantunan ayat-ayat ini anak akan merasa tenang sejak masih dalam kandungan.

Sejak dalam kandungan mereka sudah memiliki kedekatan dengan agama Islam, sehingga lebih mudah untuk memperkenalkannya setelah anak tersebut lahir. Setelah anak lahir orang tua perlu untuk mengajarkan anak pendidikan Islam secara langsung.

Tidak bijak orang tua hanya mengandalkan pendidikan di sekolah saja. Akan sangat baik juga mengajarkan pendidikan mengenai kelslaman secara langsung di rumah, juga akan mendekatkan anak dengan orang tua. Orang tua dapat mulai dengan mengajarkan cara membaca Al-Quran kepada anak, cara sholat, cara berdoa, berperilaku sopan santun kepada orang tua, pembiasaan membantu kegiatan di rumah, dan lain sebagainya.

 

Implementasi Pendidikan Islam dalam Keluarga – Lentera Keluarga

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *