Liburan Bersama Keluarga dengan Mobil Pribadi

Posted on

Liburan bersama keluarga memang menyenangkan apalagi ke tempat wisata bersama-sama. Banyak sarana transportasi untuk menikmati masa liburan bersama keluarga, salah satunya mobil pribadi, jika memiliki. Banyak kentungan jika menggunakan kendaraan sendiri dibandingkan menggunakan transportasi umum, baik dari segi biaya dan kenyamanan.

nisan pilihan keluarga indonesia

Untuk keluarga dengan dua anak atau lebih, menggunakan mobil keluarga sangat menghemat biaya, bahkan dengan angkutan umum paling murah pun masih bisa lebih hemat. Misalnya, keluarga dengan jumlah 4 orang, jika menggunakan bus umum ekonomi dari Surabaya ke Banyuwangi, tarif perorang 75 ribu. Dengan demikian membutuhkan biaya transportasi 300 ribu. Sedangkan jika menggunakan mobil pribadi, cukup beli premium 200 ribu sudah bisa sampai ke Banyuwangi.   Selain itu, kita bisa berhenti kapan saja yang tidak mungkin dapat dilakukan jika naik bus umum.

Liburan itu santai, sehingga bisa menikmati sepanjang perjalanan untuk menuju ke tempat rekreasi. Untuk itu, Anda membaca sekilas uraian berikut agar liburan wisata dapat dinikmati jika menggunakan atau mobil atau kendaraan pribadi agar perjalanan dengan aman dan nyaman.

Cek kondisi kendaraan sebelum berangkat

Sebaiknya jangan menyepelekan hal ini, meskipun kondisi mobil masih baru. Sangat penting melakukan pengecekan kendaraan, terlebih lagi bila jarak yang akan ditempuh cukup jauh. Periksa bagian mobil yang penting seperti rem, tekanan ban, air radiator, aki juga kondisi lampu-lampu. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan kendaraan seperti dongkrak, ban serep, peralatan teknis serta jangan sampai ketinggalan, surat kelengkapan kendaraan.

Membawa makanan, minuman dan obat-obatan

Jika perjalanan liburan bersama keluarga memerlukan waktu tempuh yang cukup lama karena lokasi yang jauh sebaiknya menyediakan makanan dan minuman secukupnya untuk menjaga kondisi tetap prima serta menghindari kemungkinan tidak menemukan penjual makanan atau minuman di sepanjang jalan. Terlebih kesediaan air putih, untuk cadangan apabila sulit menemukan selama di perjalanan. Sebaiknya, jangan berlebihan dalam membawa makanan atau minuman karena saat ini banyak ditemui minimarket atau warung sepanjang perjalanan. Dengan demikian, beban bawaan tidak bertambah banyak yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan perjalanan liburan. Jangan lupa membawa juga Kotak P3K berisi beberapa obat standar seperti obat demam, pusing, sakit perut serta obat luka luar dan plester sebaiknya dibawa.

Persiapan fisik dan emosi

Meskipun liburan ingin menyegarkan kondisi fisik dan emosi, namun kondisi fisik yang benar-benar tidak fit sebaiknya jangan melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi. Untuk itu persiapkan fisik yang fit dan sehat sangat penting agar dapat menikmati perjalanan dengan nyaman. Istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan, terlebih untuk pengemudi, kondisi fisik dapat mempengaruhi keselamatan seluruh penumpang kendaraan. Selain itu jangan memaksa meneruskan perjalanan jika fisik lelah atau mengantuk, sebaiknya segera istirahat karena ini perjalanan santai. Ata bergantian menyetir jika ada yang bisa.

Liburan Bersama Keluarga – Lentera Keluarga

Gambar Gravatar

Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *