Ketahui Manfaat Besar si Jahe Merah

Pada umumnya kita mengenal jahe sebagai bumbu rempah dalam makanan. Tapi tahukah Anda bahwa jahe memiliki beragam jenis dan salah satunya adalah jahe merah. Dibanding jenis jahe putih atau yang biasa untuk masakan, jahe merah lebih banyak digunakan sebagai ramuan obat-obatan yang manjur untuk berbagai penyakit. Tidak hanya itu! Jahe merah berkhasiat juga menunjang kecantikan.

jahe merah

Jahe merah tidak sama dengan jahe biasa yang digunakan sebagai bumbu masak. Kandungan jahe merah sangat ampuh mengobati berbagai penyakit sekaligus untuk kecantikan. Ketahui manfaat besar si jahe merah ini dan gunakan sebagai ramuan yang mudah dibuat sendiri di rumah.

Kandungan jahe merah

Jahe merah yang termasuk tanaman rimpang ini memiliki bentuk yang sama seperti jahe pada umumnya yaitu beruas dan mengembung. Sesuai dengan namanya, jahe merah memang berwarna merah pucat mulai dari permukaan kulit hingga ke daging. Jahe merah terkenal sebagai ramuan obat karena memiliki kandungan senyawa yang lebih special seperti:

1. Minyak atsiri yang merupakan bahan baku obat-obatan didalam industri farmasi. Minyak atsiri ini juga membedakan jahe merah mengeluarkan aroma lebih kuat dibandingkan jenis jahe lainnya.

Baca Artikel lainnya:  Nilai Nutrisi Dalam Buah Durian

2. Oleoresin yang menimbulkan sensasi pedas dan pahit dalam rasa sekaligus merupakan unsur pendukung dalam zat kimia.Oleoresin juga bersifat non volatile oil atau minyak yang tidak mudah menguap.

3. Unsur senyawa lainnya seperti kelompok gingerol.

Jahe merah sebagai pengobatan

Memiliki nama latin zingiber officinale var rubrum, si jahe merah ini memiliki manfaat besar di bidang pengobatan dan kecantikan.

1. Pengobatan

Sebagai ramuan pengobatan, jahe merah terkenal manjur untuk mengatasi masalah kesehatan, seperti: mengusir masuk angin, mengatasi sembelit, pusing kepala, radang tenggorokan, sakit pinggang, amandel, rematik, menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, Eja-kulasi dini, ketidaksuburan pada wanita dan juga menjaga sistem kekebalan tubuh.

Kita juga bisa meramu sendiri jahe merah untuk mengatasi masuk angin, meredakan batuk dan radang tenggorokan. Caranya adalah ambil satu ruas jahe ( ± 7cm) dan iris atau geprek. Masak bersama 1 gelas air. Saring airnya dan minum bersama campuran 1 sendok makan madu. Lebih efektifnya ramuan ini akan terasa khasiatnya jika diminum 3 kali sehari.

Baca Artikel lainnya:  Peran Ibu Dalam Pencegahan Karies Gigi

2. Kecantikan

Dalam dunia kecantikan tanaman rimpang ini dipercaya mengobatan masalah yang mengganggu penampilan seperti jerawat, mampu menghalangi keriput yang sekaligus mencegah penuaan dini, obat alami menurunkan berat badan.

Ramuan yang mudah dibuat untuk menurunkan diet dan ampuh menghilangkan lemak perut dan paha adalah geprek atau iris satu ruas jahe dan masak bersama 1 gelas air. Setelah matang, saring. Minum selagi hangat bersama campuran perasan air jeruk nipis dan madu. Ramuan ini sangat terbukti mengecilkan perut jika rajin diminum 2 kali sehari setiap pagi dan malam sebelum tidur.

Untuk mengatasi jerawat, jahe merah lebih praktis lagi digunakan. Cukup bersihkan satu ruas jahe dan bersihkan kulitnya. Iris tipis dan tempelkan pada wajah sambil di tekan atau usapkan perlahan. Diamkan selama 15 menit. Pengobatan ini bisa dilakukan setiap hari hingga jerawat menipis.

 

Manfaat Besar si Jahe Merah

Recommended For You

About the Author: Keluargaku

Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *