Kiat Memilih Jenis Parfum Yang Aromanya Bertahan Lama

Parfum kini bukan lagi hanya sekedar untuk bergaya tetapi sudah di anggap sebagai suatu kebutuhan. Jujur saja dalam memilih aroma parfum yang pas di tubuh terkadang tidak mudah. Sebab, tingkat ketajaman dan berapa lama aromanya yang masih tercium bisa menjadi berbeda-beda bagi para pemakainya. Untuk hal tersebut, kita harus mengetahui kiat memilih parfum yang cocok agar aromanya bertahan lama saat di simpan dan di pakai.

Memilih Jenis Parfum

Aneka Jenis Parfum

Perlu diketahui, ada berbagai istilah parfum yang mengandung ekstrak minyak (essential oil) dengan kadar yang berbeda-beda. Essential oil inilah yang mempengaruhi tingkat ketajaman dan ketahanan aroma parfum. Apa saja aneka istilah parfum yang juga menandakan jenis parfum itu sendiri?

1. Eau de perfume

Eau de perfume atau di sebut parfum merupakan jenis parfum yang di nilai sangat tinggi. Hal tersebut karena essential oil yang dikandungnya berkadar 15% atau lebih. Aroma eau de perfume dapat bertahan lama hingga seharian atau memakan waktu enam atau delapan jam. Terkadang aromanya masih tercium keesokan harinya.

Baca Artikel lainnya:  Tips Mengelola Pakaian Kotor Saat Liburan Keluarga

2. Eau de toilette

Eau de toilette aromanya tidak terlalu tajam atau menyengat. Essential oil yang dimilikinya rata-rata hanya 10%. Selain itu aromanya pun hanya dapat bertahan tiga atau 4 jam saja di tubuh pemakai.

3. Eau de cologne

Eau de cologne aromanya juga tidak bertahan lama atau tercium hanya 3 jam saja di tubuh pemakai. Hal tersebut dikarenakan essential oil yang dimilikinya hanya 5% dan lebih banyak bercampur alkohol didalamnya.

4. Body spray atau body mist

Dibandingkan ketiga jenis parfum di atas, body spray atau body mist terbilang parfum yang cukup murah meriah. Aromanya tercium selama 2 jam saja di tubuh si pemakai. Bentuknya pun biasanya sangat cair. Sebab, dalam sebotol body spray hanya mengandung essential oil kurang dari 5%.

Penyimpanan dan titik semprot parfum

Ada kalanya saat menyimpan dan memakai parfum, aromanya tidak setajam sewaktu baru membelinya. Hal tersebut dikarenakan parfum bersifat volatilitas yaitu wanginya mudah berubah-ubah. Terjadinya volatilitas tersebut karena pengaruh suhu ruang, cuaca dan jenis kulit si pemakai.

Baca Artikel lainnya:  Mencegah dan Mengatasi Ngengat Pakaian Secara Alami

Nah, agar parfum yang Anda miliki aromanya tidak cepat menguap, maka lakukan cara penyimpanan dan semprotkan di titik tubuh seperti berikut ini:

  1. Jangan menyimpan parfum di dekat jendela kamar atau dalam kamar mandi.
  2. Jangan menggosok-gosokkan parfum setelah penyemprotan karena aromanya mudah memudar.
  3. Bagi yang berjenis kulit kering, semprotkan parfum di titik tertentu seperti: belahan dada, siku tangan bagian dalam, lutut bagian belakang dan punggung.
  4. Bagi yang berjenis kulit berminyak, semprotkan parfum ke titik tubuh yaitu telinga bagian belakang, pergelangan tangan, dan lutut bagian dalam.

Memakai parfum kini bukan lagi menjadi bagian gaya hidup melainkan kebutuhan primer. Adakalanya parfum yang kita miliki dan pakai aromanya cepat sekali memudar. Hal tersebut bisa jadi karena kita belum mengetahui tentang kiat memilih parfum yang cocok agar aromanya bertahan lama. Untuk itu, bacalah terlebih dahulu istilah parfum yang tertera dalam kemasannya dan semprotkan parfum secukupnya sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki!

 

Memilih Jenis Parfum Yang Aromanya Bertahan Lama

Recommended For You

About the Author: Keluargaku

Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *