Membeli Asuransi Mobil Online dan Keuntungannya

Asuransi Mobil Online

Memiliki asuransi mobil akan membuat kita merasa aman karena risiko-risiko yang mungkin terjadi, seperti kecelakaan dan kehilangan, sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Di era serba digital seperti sekarang ini, membeli asuransi mobil secara konvensional terkadang cukup menyita waktu. Karena itu, kini sudah bermunculan perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi mobil online yang bisa kita beli tanpa ribet.

Salah satunya, dapat dicari di https://duitpintar.com, broker asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Salah satu produk perlindungan yang bisa dimiliki adalah, asuransi mobil. Anda bisa mendapatkan simulasi premi asuransi mobil sebelum membeli polisnya.

Keuntungan Membeli Asuransi Mobil Online

Ada beberapa keuntungan jika kita membeli asuransi mobil secara online. Salah satunya semua proses yang dilakukan mulai dari transaksi, proses aplikasi, update status dan pengecekan dilakukan secara online dalam sistem yang terintegrasi sehingga kita bisa menghemat waktu dibandingkan harus mengunjungi bank atau melalui agen asuransi.

Selain itu, ada beberapa keuntungan lainnya, yaitu:

1. Biaya polis lebih murah

Pengajuan asuransi secara online memakan biaya yang lebih murah dibanding secara offline karena pengurangan biaya distribusi dan infrastruktur sehingga pemegang polis mendapatkan asuransi dengan premi lebih rendah.

2. Banyak produk yang tersedia secara online

Karena pengajuan asuransi dilakukan secara online, maka kita dapat dengan leluasa memliih dan membandingkan banyak produk-produk asuransi lainnya yang tersedia. Dengan demikian, kita bisa memahami lebih dalam dan bisa memilih produk yang tepat sesuai kebutuhan dan bujet pribadi.

3. Portal asuransi yang menarik dan lengkap

Sebagian besar situs web menyajikan tampilan pengajuan asuransi yang menarik disertai form yang lebih lengkap untuk diisi sehingga proses pengajuan bisa dilakukan dengan mengunggah dokumen yang diperlukan. Ini tentu lebih mudah dibandingkan membeli secara offline.

4. Mendapatkan akses review produk tertentu

Dengan melakukan pengajuan secara online, kita dapat membaca berbagai review dari produk asuransi yang kita inginkan dari nasabah yang sudah mengajukan produk tersebut sebagai referensi kita.

Cara Membeli Asuransi Mobil secara Online

Demi mendapatkan perbandingan bagaimana cara membeli asuransi mobil secara offline dan online, kita perlu sikapi terlebih dahulu penerapan dari kedua metode tersebut.

Membeli asuransi mobil secara offline

Untuk mendapatkan polis asuransi mobil secara konvensional, tentu kita harus melengkapi terlebih dahulu dokumen-dokumen yang dipersyaratkan. Secara umum, dokumen yang perlu disiapkan adalah:

  1. Formulir pendaftaran.
  2. Fotokopi KTP atau SIM yang masih berlaku.
  3. Fotokopi STNK yang masih berlaku.
  4. Dokumen lain yang mengacu pada jenis perlindungan yang dipilih.

Jika semua sudah lengkap, kita bisa langsung mendaftar untuk membeli polis asuransi mobil yang diinginkan. Hal itu berlaku jika kita membeli polis secara offline. Namun, bagaimana dengan cara membeli asuransi mobil secara online?

Membeli Asuransi Mobil Secara Online

Untuk memahami cara membeli asuransi mobil secara online, kita akan mengambil salah satu contoh perusahaan asuransi yang menyediakan layanan tersebut, yakni Garda Oto Digital dari Asuransi Astra.

Untuk membeli polisnya, caranya mudah saja. Kita hanya perlu mengunjungi situs web resmi www.gardaoto.com melalui ponsel atau komputer pribadi. Setelah membukanya, kita bisa langsung klik ‘Beli Sekarang’ kemudian mengunggah kelengkapan dokumen dan data diri.

Setelah itu, pilih metode pembayaran yang diinginkan. Jika sudah selesai, tentukan jadwal dalam kurun enam hari setelah pemesanan untuk segera dilakukan survei kendaraan oleh petugas Garda Oto.

Selanjutnya, e-policy (polis elektronik) akan dikirimkan ke surel kita dalam waktu 1×24 jam setelah mendapatkan approval sebagai hasil dari survei sebelumnya. Garda Oto pun akan mengirimkan polis fisik ke alamat yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Selain melalui situs web, pembelian asuransi Garda Oto Digital juga bisa dilakukan melalui Garda Mobile Otocare. Aplikasi ini turut menyediakan fitur Garxia atau Garda eXperience Intelligent Assistant yang dapat melayani proses pembelian asuransi kendaraan, mulai dari simulasi hingga penawaran preminya.

Dengan asuransi mobil online ini, kita bisa memilih lokasi klaim yang diinginkan, seperti di rumah, kantor, atau tempat lainnya. Garda Oto Digital pun menyediakan layanan antar jemput kendaraan menuju bengkel dari lokasi pilihan kita dan diantar kembali dari bengkel.

Setelah mobil kita dibawa untuk diperbaiki, kita bisa memantau status perbaikan kendaraan dengan menggunakan aplikasi Garda Mobile Otocare. Saat mengajukan klaim asuransi pun, kita tidak perlu menunjukkan polis fisik, namun cukup dengan membawa STNK dan SIM yang aktif saja. Mudah, bukan?

Selain itu, masih ada beberapa situs penyedia asuransi mobil online yang bisa kita pilih. Prosedurnya pun kurang lebih sama.

Kita hanya perlu mengunjungi situs tersebut dan memasukkan data-data, seperti kode daerah pelat nomor kendaraan, mengisi kolom kriteria dan persyaratan yang telah disediakan, memilih produk kartu kredit yang akan kita gunakan untuk membayar polis, bahkan disediakan pula call center sebagai layanan konsultasi secara gratis.

Tidak dapat dipungkiri, kebutuhan akan asuransi mobil online kini semakin meningkat bersamaan dengan kemajuan teknologi dan mobilitas masyarakat yang semakin cepat.

Oleh sebab itu, banyak perusahaan asuransi yang sudah mulai mengadopsi sistem tersebut untuk memudahkan pelanggan. Satu yang harus kita ingat, sebelum membeli asuransi mobil secara online, cek dan re-check kredibilitas situs yang menyediakannya, ya!

Selain berkonsultasi secara gratis untuk mendapatkan penjelasan lengkap tentang perasuransian, kita pun bisa membandingkan produk-produk asuransi unggulan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

 

Membeli Asuransi Mobil Online dan Keuntungannya

Recommended For You

About the Author: Keluargaku

Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.