10 Tips Traveling Sendirian yang Aman dan Seru

Tips Traveling Sendirian

Ada beberapa tips traveling sendirian yang bisa kamu ikuti agar kegiatan traveling kamu tetap aman dan juga seru.

Solo traveling atau traveling sendirian bisa kamu lakukan sebagai cara healing dan beristirahat sejenak dari padatnya rutinitas sehari-hari.

Mungkin kamu berpikir, bosan nggak ya traveling sendirian tanpa teman? Tentunya enggak dong, apalagi kalau kamu menerapkan tips traveling sendirian berikut ini.

Agar kegiatan traveling kamu aman dan nyaman, jangan lupa menyiapkan asuransi perjalanan dari SimasInsurtech.com.

Tips Travelling Sendirian

Sebelum berangkat travelling mandiri, kamu juga bisa membaca berbagai cerita dan pengalaman seru para solo traveller yang bisa ditemukan di internet.

1. Memilih Akomodasi yang Tepat

Tempat penginapan yang nyaman dan aman haruslah ditentukan sedari awal. Berbeda jika kamu bepergian dengan teman atau keluarga. Jika travelling mandiri, justru keamanan ekstra sangatlah diperlukan.

Maka dari itu, kamu bisa memilih penginapan dengan review terbaik. Lalu, pastikan juga kalau lokasinya tersebut strategis dan juga aman jika mau keluar sendirian. Hindari mencari penginapan yang letaknya terpencil dan sepi, ya.

2. Membuat Rencana Perjalanan

Meskipun kamu bepergian sebagai solo traveler, ini bukan berarti akan bebas kemana pun. Justru dengan sendiri, semuanya harus disiapkan sematang mungkin.

Untuk itu, kamu perlu menyusun segera beberapa itinerary selama kamu berlibur sendirian. Karena ini sangat penting dilakukan, maka kamu harus disiapkan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Dengan membuat itinerary traveling sejak awal, kamu jadi sudah tahu ke mana saja tempat wisata yang akan kamu datangi. Hal ini cukup menghemat waktu dibanding kamu pergi tanpa itinerary.

Kamu bisa mengelompokan destinasi wisata yang tempatnya masih satu arah atau satu kawasan. Jadi, sekali pergi kamu bisa sekaligus mengunjungi beberapa tempat wisata. Cukup efisien, kan?

3. Menelusuri Akses Transportasi

Jika tujuan destinasimu jauh dari daerah tempat tinggal saat ini, tentu tidak mungkin untuk membawa kendaraan dari rumah seorang diri. Maka dari itu, kamu harus mencari tahu apa saja akses transportasi yang tersedia di sana.

Carilah transportasi umum yang gampang dijangkau dan diandalkan. Apabila menggunakan MRT atau bus, maka perlu kamu cek jadwal keberangkatan setiap hari. Begitu pun dengan batas jam operasional.

Nah, salah satu tips travelling sendirian, yakni kamu bisa mencatat semua ini di buku catatan kecil supaya tidak ada info yang terlewat.

4. Berinteraksi dengan Penduduk

Ketika kamu menjalani solo traveller, sudah pasti tidak ada seorangpun yang pergi bersamamu. Namun, tak perlu khawatir. Justru momen ini harus dimanfaatkan dengan berinteraksi bersama penduduk lokal di daerah tersebut.

Kamu juga harus bersikap ramah dan sopan dengan orang sekitarnya. Dengan begitu, keberadaan kamu pun lebih mudah diterima.

Tak hanya itu, mereka mungkin juga tidak berpikir panjang membantumu saat berada ditengah kesulitan. Bersama mereka, kamu bisa saling berbagi cerita kebudayaan dan gaya hidup masing-masing. Jadi, tidak hanya berlibur saja, melainkan juga menimba ilmu di sini.

5. Abadikan Setiap Momen

Jika tidak diabadikan, tentu hanya tinggal kenangan saja solo travelling kamu. Maka dari itu, penting untuk dokumentasikan setiap momen selama liburan.

Jika kesulitan mengambil foto diri sendiri, kamu bisa minta bantuan kepada orang lain atau wisatawan yang sedang liburan juga..

6. Jangan Lupa Membawa Obat-obatan

Saat berkunjung ke tempat yang belum pernah dikunjungi, kita tidak pernah tahu risiko apa yang akan menimpa.

Oleh sebab itu, kamu harus membawa bekal obat-obatan selengkap mungkin dari rumah. Obat-obatan dasar yang dapat dibawa adalah vitamin, pereda nyeri, paracetamol, dan obat pusing. Sementara itu, bagi kamu yang rentan terkena alergi, jangan lupa bawa obat antihistamin.

7. Mencatat Nomor Darurat

Tak semua orang bisa mendapatkan izin untuk solo travelling, apalagi anak perempuan. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan selalu mengabari orang tua.

Selain itu, kamu juga harus mencatat berbagai nomor darurat untuk dihubungi saat keadaan terdesak, seperti nomor kantor polisi tempat kamu berlibur, nomor rumah sakit, hingga nomor pemadam kebakaran.

8. Jangan Lupa Mematuhi Prokes

Karena masih pandemi COVID-19, maka kamu harus tetap mematuhi protokol kesehatan saat bepergian. Tetaplah memakai masker dan saling menjaga jarak.

Di samping itu, pastikan juga kalau kamu sudah mendapatkan vaksinasi lengkap untuk mencegah paparan dari virus COVID-19.

Jika tujuan wisata kamu adalah ke luar negeri, pastikan kamu mencari tahu peraturan terkait Covid-19 di negara tersebut. Biasanya beberapa negara mengharuskan kamu mengisi beberapa data dan mengunduh aplikasi untuk melakukan tracking.

9. Manfaatkan Fitur Morning Call

Apakah kamu termasuk orang yang sangat sulit bangun pagi? Ini saatnya kamu harus memanfaatkan fasilitas morning call ini. Terlebih, jika kamu mau mengejar atraksi wisata yang mengharuskanmu bagun pagi.

Dengan bangun pagi, kamu juga lebih leluasa saat mengekspor berbagai wisata dan memaksimalkan waktu liburan kali ini.

10. Membawa Dokumen Penting

Sebelum berangkat, cek dulu sejumlah dokumen penting yang memang diperlukan saat liburan nanti. Dokumen ini mencakup paspor, KTP, tiket perjalanan, atau kartu kamar penginapan.

Namun, jangan lupa mengecek semua dokumen ini secara berkala. Ini akan mengurangi hilangnya dokumen tersebut, terlebih jika pergi sendiri dan tidak ada yang mengingatkanmu.

Ada satu lagi tips travelling sendirian yang harus kamu catat itu, yaitu penting untuk membeli asuransi perjalanan selama bepergian. Asuransi perjalanan akan memberikan jaminan perlindungan saat kamu berlibur di dalam negeri maupun luar negeri.

 

10 Tips Traveling Sendirian yang Aman dan Seru

Recommended For You

About the Author: Keluargaku

Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.