Cara Mencegah Mata Perih Saat Mengiris Bawang

Posted on

Bagi sebagian orang, saat mengiris bawang bisa menimbulkan masalah tersendiri yaitu mata akan terasa perih atau pedih bahkan sampai mengeluarkan air mata. Terkadang hal ini menyebabkan sebagian orang enggan untuk mengupas dan mengiris bawang terutama bawang merah. Ada penyebab bawang bisa membuat mata menjadi perih dan meneteskan air mata yaitu kandungan zat yang ada dalam bawang tersebut.

Agar mata tidak perih dan mengeluarkan air mata saat mengupas, memotong atau mengiris bawang, di butuhkan langkah tepat dalam cara mengiris bawang agar sesuai agar tidak menyebabkan efek samping pada mata. Beberapa tips berikut ini adalah cara yang tepat.

Mencegah Mata Perih Saat Mengiris Bawang

Cara Mengiris Bawang Agar Mata Tidak Perih

Gunakan pisau atau alat pemotong yang tajam. Dengan pisau tajam, memotong bawang tanpa harus menghancurkan tekstur sehingga akan memperkecil kemungkinan enzim yang di lepas jadi lebih berkurang.

Simpan bawang di dalam freezer selama 10-15 menit sebelum di iris. Cara ini paling efektif untuk mengurangi secara signifikan jumlah enzim asam terlepas ke udara.

Selain mendinginkan, merendam bawang di dalam air selama beberapa menit sebelum di iris, juga akan menyebabkan Enzim akan terdenaturasi akibat batas antara air dan udara. Namun, Sisi bawang akan menjadi lebih sulit di pegang pada saat di iris.

Memotong bawang di bawah permukaan air. Meskipun tidak efektif dan menyebabkan irisan bawang menjadi berantakan dan hancur, namun enzim/zat pada bawang tidak akan sempat beroksidasi.

Saat mengiris bawang di dekat aliran air panas atau yang ber-uap untuk menetralisir uap yang di hasilkan oleh gas Enzim.

Saat mengiris bawang dengan melakukan pernapasan dari mulut dan sedikit mengulurkan lidah akan membuat gas dari bawang mengarah ke lidah yang basah sehingga air mata tidak akan terbentuk.

Konon, dengan sambil bersiul panjang saat mengiris bawang membuat enzim gas bawang yang menguap menjadi sedikit terurai karena udara yang di hembuskan, sebelum mendekati mata. Hal ini tentu saja akan membuat mata tidak menjadi begitu perih.

 

Langkah-langkah cara mengiris bawang di atas cukup sederhana dan mudah dilakukan. Dengan demikian, mengiris bawang yang sebenarnya merupakan pekerjaan yang mudah untuk di lakukan, tidak lagi menjadi resiko terhadap mata yang cukup sering dirasakan mengganggu oleh sebagian ibu rumah tangga.

Gambar Gravatar
Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *