Tahap Audit Energi untuk Efisiensi Perusahaan

Setiap perusahaan tentu saja membutuhkan proses audit energi. Lebih-lebih untuk perusahaan manufaktur yang selalu menggunakan energi untuk operasional perusahaan. Jika tidak melakukan audit secara teratur, kita tidak pernah tahu apakah ada kesalahan yang terjadi. Untuk mengetahui gambaran tentang proses audit perusahaan, Anda dapat membuka https://sewatama.com/id/proses-dan-manfaat-audit-energi-listrik/. Di sini, terdapat informasi yang begitu lengkap mengenai proses audit.

Tahap Audit Energi

Tahap Proses Audit

Untuk mengetahui berapa besar energi yang dikonsumsi atau digunakan dilakukan beberapa tahapan proses audit antara lain:

1. Audit Energi Awal

Mengumpulkan dan menyusun data yang berisi historis energi tahun-tahun sebelumnya untuk menghitung Intensitas Konsumsi Energi (IKE) kemudian dibandingkan dengan standar IKE Hemat, Sedang, Boros.

2. Audit Energi Rinci

Tahap ini dilakukan jika ditemukan adanya indikasi pemborosan. Pada tahap ini melakukan penelitian dan pengukuran konsumsi energi kemudian hasil pengukuran dibandingkan dengan standar IKE. Selanjutnya identifikasi kemungkinan Peluang Hemat Energi (PHE) untuk mendapatkan rekomendasinya.

Baca Artikel lainnya:  Asuransi Untuk Pendidikan Si Buah Hati

3. Implementasi

Dari hasil rekomendasi analisis PHE implementasikan tambahan investasi baru kemudian lakukan monitoring dan evaluasi terhadap kemungkinan hasil implementasi yaitu tentang adanya peluang yang lebih baik.

Perlu diketahui, untuk sebuah industri manufaktur terdapat beberapa audit energi, mulai dari listrik fasilitas umum, kebutuhan listrik untuk operasional perusahaan, hingga listrik untuk bahan bakar. Objek listrik yang di audit yaitu pun cukup beragam mulai dari karakteristik dari sistem hingga yang lainnya.

Jangan salah, bagi perusahaan sendiri, proses audit energi bukan hanya untuk menghemat energi, namun juga merupakan langkah yang diwajibkan pemerintah melalui surat dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. Namun, terbatasnya sumberdaya perusahaan pasti akan membuat proses audit begitu menyulitkan. Salah satu solusi yang dapat Anda ikuti adalah menggunakan pihak kedua.

Tentu, memilih perusahaan yang akan digunakan untuk proses audit tidak bisa sembarangan. Anda harus memilih perusahaan yang berkompeten di bidangnya. Sewatama menjadi salah satu pilihannya. Sewatama menghasilkan proses audit energi listrik yang lebih akurat dan terpercaya untuk efisiensi perusahaan industri milik Anda.

Baca Artikel lainnya:  Tanggapan Peserta Terhadap Instruktur Pelatihan Online Kartu PraKerja

 

Tahap Audit Energi untuk Efisiensi Perusahaan

Recommended For You

About the Author: Keluargaku

Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *