Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Posted on

Menjaga kesehatan anak adalah suatu hal yang sangat penting. Salah satunya adalah menjaga kesehatan giginya. Orang tua adalah yang paling berperan dalam hal ini. Mulai dari menjaga kebersihannya, menjaga dari makanan yang dapat merusak gigi, sampai dengan melihat perkembangan serta pertumbuhan gigi anak.

Ada banyak dampak yang dapat ditimbulkan oleh kerusakan pada gigi anak, salah satunya adalah kesulitan mengunyah karena gigi berlubang, sehingga makanan sulit dicerna dan proses pertumbuhan anak akan terganggu. Akibatnya, anak akan mudah terserang penyakit. Sejak dini perlu dilakukan tindakan pencegahan dari kerusakan gigi agar didapat kesehatan gigi yang terbaik bagi anak-anak kita.

Menjaga Kesehatan Gigi Anak

 

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi adalah salah satu penunjang rasa percaya diri yang paling utama pada saat mereka dewasa nanti. Mari kita lihat fungsi dari gigi susu atau gigi sulung:

  • Berperan untuk mengunyah makanan.
  • Berperan untuk bicara, pengucapan kata-kata dengan tepat.
  • Berperan sebagai ruang untuk pertumbuhan gigi permanen sekaligus menentukan arah pertumbuhan gigi permanen agar tumbuh sesuai arah yang tepat.
  • Berperan untuk menambah nilai estetika.

Saat ini kerusakan gigi pada anak sering dianggap suatu hal yang wajar terjadi pada anak. Sehingga orang tua merasa bahwa mereka tidak perlu melakukan perubahan apapun untuk menyikapi hal tersebut. Kelalaian orang tua ini akan berakibat buruk pada anak. Kesehatan gigi dan mulut yang baik pada orang dewasa tergantung pada keadaan gigi dan mulut saat masih kanak-kanak. Mengingat efek jangka panjang yang dapat dirasakan oleh anak-anak terkait dengan gigi dan mulut mereka, maka sebagai orang tua perlu mengantisipasi resiko tersebut sedini mungkin.

Untuk anak yang usianya di bawah lima tahun kebersihan giginya masih sangat tergantung kepada orang tua, terutama ibu, yang mempunyai peran sangat dominan dalam upaya pencegahan penyakit pada gigi dan mulut serta mencegah terjadinya rampan karies gigi anak.

Gerakan motorik pada anak balita belum mampu menggerakan sikat gigi secara benar pada saat dia membersihkan gigi. Peran ibu dalam upaya meningkatkan kesehatan gigi dan mulut anak dapat dilihat dari sikap dan perhatiannya terhadap perawatan gigi dan mulut anaknya.

Mulai tumbuhnya gigi merupakan proses penting pertumbuhan seorang anak. Orang tua harus mengetahui cara merawat gigi anaknya. Orang tua juga harus mengajari anaknya cara merawat gigi dengan baik, yaitu dengan memberi contoh cara menyikat gigi yang benar.

 

Menjaga Kesehatan Gigi Anak – Lentera Keluarga

Gambar Gravatar
Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *