Obat Alamiah Yang Ada di Sekitar Kita

Dalam tulisan sederhana ini akan kami sajikan beberapa tips sederhana, bagaimana kita bisa memberikan pertolongan pertama pada keluarga ketika ditimpa sakit dengan obat-obatan alami yang ada di sekitar kita. Tentu saja dalam hal ini sakit yang sifatnya tidak berat, yang tidak membutuhkan pertolongan seorang dokter ahli atau pun rumah sakit.

Sayuran dan buah-buahan pada hakekatnya adalah obat alamiah. Kita makan bukan hanya untuk kenyang dan puas, namun untuk sehat dan sembuh dari sakit. Maka mencegah sakit, atau upaya sembuh dari sakit, paling bagus mengatur pola makan agar cukup buah-buahan dan sayur-sayuran.

Obat Alamiah

Mencegah atau mengobati sakit bisa kita lakukan sendiri dengan menggunakan sayuran maupun buah-buahan di bawah ini.

1. Obat sakit batuk

Batuk berdahak terjadi karena ada peradangan pada lapisan lendir di saluran pernafasan. Namun ada beberapa pula batuk berdahak yang disebabkan oleh bakteri atau virus seperti tuberculosa, influenza dan campak. Untuk mengobati batuk berdahak, jeruk nipis bisa digunakan dengan mencampurkan beberapa air perasannya dengan sesendok kecap manis ataupun madu. Diminum 2-3 kali per hari.

2. Obat sakit kepala

Ada berbagai sakit kepala. Misalnya migrain, vertigo dan sebagainya. Cobalah salah satu cara di bawah ini, insya Allah sakit kepala segera sembuh.

  • Untuk sakit kepala biasa (bukan vertigo maupun migrain), cobalah minum air putih sebanyak-banyaknya. Biar tidak kambuh lagi biasakan minum air putih 8-10 gelas/hari.
  • Kentang banyak mengandung kalium, sehingga membantu penyembuhan sakit kepala. . Cucilah kentang (jangan dikupas), lalu rebuslah sampai masak, jangan digoreng, setelah dingin kupas kulitnya, baru dimakan.
  • Pisang memiliki kandungan potasium dan magnesium. Dengan makan pisang, Insya Alloh sakit migrain akan segera sembuh.
  • Makanan/minuman yang mengandung mint. Jika sakit kepala disebabkan sakit maag yang kambuh, maka makan atau minum yang mengandung mint sangat bagus.
  • Minum kopi. Bagi Anda yang tidak ada kelainan tekanan darah tinggi, kopi sangat efektif menyembuhkan sakit kepala. Namun, minum kopi jangan lebih dari 2 gelas/hari.
  • Pijit telapak kaki. Sakit kepala juga bisa disembuhkan dengan memijit telapak kaki. Pada ujung-ujung jari kaki terdapat simpul-simpul syaraf yang perlu dipijit.

3. Obat sakit panas

  • Bawang merah mengandung sikloaliin metilaliin, kuersetin dan floroglusin, yang sangat bagus untuk menurunkan panas badan. Parut, atau irislah 3-5 siung bawang merah, campur dengan minyak kelapa (bisa juga dengan minyak sawit), gosokkan ke seluruh tubuh. Insya Alloh panas akan segera reda.
  • Kunyit atau kunir mengandung turmeron dan curcumin yang efektif sebagai antiinflamasi, anti oksidan, anti bakteri yang bisa menurunkan panas badan. Parutlah sepotong kunyit sebesar jari tangan, peras dan saring. Campur larutan kunyit dengan jeruk nipis dan madu, lalu minumlah. Insya Alloh sakit panas segera sembuh.

Semoga tulisan sederhana ini bisa menjadi pembelajaran kita untuk ‘menjadi dokter’ di rumah sendiri. Selamat mencoba.

 

Obat Alamiah Yang Ada di Sekitar Kita – Lentera Keluarga

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *