Mencegah dan Mengatasi Ngengat Pakaian Secara Alami

Posted on

Mencegah dan Mengatasi Ngengat Pakaian Secara Alami. Pernah menemukan baju kesayangan berlubang karena ngengat pakaian? Pasti sebal, apalagi kalau Anda sudah bersusah payah menerapkan cara mencuci baju agar wangi. Tak ada gunanya wangi kalau baju tidak bisa dipakai. Sedihnya hal ini justru sering terjadi pada baju kesayangan yang hanya dipakai sesekali untuk waktu istimewa dan tersimpan di sudut lemari menunggu saat yang tepat untuk dikenakan lagi. Ternyata mencuci baju secara tepat saja tidak cukup, baju pun perlu perawatan selama disimpan di lemari.

mencegah ngengat pakaian

Langkah Pencegahan Ngengat Pakaian

Kapur barus memang sering jadi andalan untuk mencegah ngengat pakaian, tapi ada juga banyak cara lain yang bisa dicoba. Sebagian orang menyukai bau kapur barus dan menganggapnya wangi, namun sebenarnya bau kapur barus bukanlah sesuatu yang semestinya dipamer-pamerkan. Kapur barus merupakan penyerap kelembapan dan pengusir ngengat pakaian di dalam lemari, bukan pewangi pakaian. Cara mencuci baju agar wangi ala Rinso lebih baik diterapkan daripada membiarkan bau kapur barus menempel pada pakaian.

Berikut ini langkah-langkah pencegahan dan penanganan ngengat pakaian tanpa merusak bau wangi pakaian setelah dicuci:

  1. Masukkan pakaian ke dalam plastik kedap udara. Ngengat pakaian senang dengan serat kain yang berasal dari hewan, seperti sutra, wol, atau bahan kulit. Masukkan semua pakaian jenis ini ke dalam plastik kedap udara. Syaratnya, pakaian harus benar-benar kering sebelum dibungkus dan perlu diangin-anginkan secara rutin.
  2. Sedot debu secara rutin. Bersihkan lemari baju secara teratur untuk mencegah debu dan kotoran menumpuk di sudut-sudut lemari. Ngengat senang berada di tempat-tempat gelap dan kotor. Jika Anda mencurigai sudah ada ngengat di lemari baju, buang debu jauh dari rumah seusai menyedot debu.
  3. Solusi alami dari dapur. Dapur merupakan sumber inspirasi untuk memecahkan banyak masalah, termasuk urusan ngengat pakaian. Banyak bahan-bahan dapur yang bisa digunakan untuk mengatasi ngengat pakaian. Selain murah dan beraroma alami, bahan-bahan berikut ini juga ramah lingkungan. Gunakan salah satu minyak esensial atau rempah kering berikut ini: lavender, mentol, cengkeh, merica butir, jeruk lemon, kayu putih, atau ginseng. Masukkan rempah kering ke dalam kantong kain berserat jarang (semisal linen), lalu masukkan ke lemari baju. Jika menggunakan minyak esensial, gunakan beberapa tetes pada selebar kain kecil, lalu gantung di dalam lemari baju. Ingat untuk menggantinya ketika aromanya sudah pudar.

Mengatasi Ngengat di Pakaian

Jika ngengat sudah terlanjur bercokol di lemari baju, jangan buang waktu. Sebisa mungkin tangani segera agar baju-baju lain di lemari yang sama tidak menjadi korban. Jika Anda ingin memastikan tidak ada ngengat atau jentik yang tertinggal di lemari, sebaiknya tangani semua baju yang berada di lemari yang sama. Berikut ini cara yang bisa Anda coba:

  1. Cuci dengan air panas atau sesuai dengan petunjuk perawatan masing-masing pakaian. Deterjen bisa menjadi cara mencuci baju agar wangi sekaligus merusak telur dan jentik ngengat. Selain itu, bahan kimia yang digunakan dalam proses dry clean juga bisa mematikannya.
  2. Bekukan atau setrika. Proses pendinginan atau pemanasan ekstrem juga akan membunuh ngengat hingga ke jentik-jentiknya. Masukkan baju ke freezer sebelum dicuci atau setrika baju usai dicuci dengan air panas.

Semoga tips di atas bermanfaat sehingga Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada ngengat pakaian!

Gambar Gravatar
Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *