7 Manfaat Berpelukan dengan Pasangan Setiap Hari

Posted on

Setiap kita hampir dapat dipastikan pernah berpelukan dalam hidupnya baik berpelukan kepada orangtua, anak, saudara, teman dan pasangan (suami/istri). Berpelukan merupakan ungkapan perasaan kita, dan umumnya berpelukan dilakukan pada momen-momen tertentu seperti saat perjumpaan, menjelang perpisahan, momen bahagia seperti pernikahan, ulang tahun, juga pada saat momen kesedihan bahkan kekecewaan seperti kehilangan seseorang yang dikasihi.

Bagi pasangan suami istri, pelukan merupakan ungkapan kasih sayang dan cinta kasih, serta bentuk dukungan atau support. Tahukah kita bahwa berdasarkan hasil penelitian, pelukan bisa memberikan manfaat kesehatan bagi pasangan dan sudah terbukti secara ilmiah.

Manfaat Berpelukan dengan Pasangan

 

7 Manfaat Berpelukan dengan Pasangan

Menurut penelitian, berpelukan dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, menyembuhkan depresi, mengurangi stress. Berikut adalah beberapa manfaat pelukan sekaligus alasan mengapa kita membutuhkannya setiap hari.

1. Meningkatkan Perasaan Kasih Sayang Pasangan

Pelukan merangsang tubuh untuk menghasilkan oxytocin. Oxytocin sering disebut juga sebagai hormon cinta, adalah senyawa penghubung pada otak yang bekerja dalam sistem limbik, pusat emosi pada otak yang berkaitan dengan perasaan manusia.

Oxytocin bertugas meredakan rasa cemas, stres, dan bahkan bisa meningkatkan perasaan cinta pada pasangannya. Oxytocin sangat ampuh dalam mempengaruhi emosi wanita. Senyawa ini juga membuat wanita tak lagi merasakan sakit pada tubuh mereka ketika melihat bayi yang dilahirkannya untuk pertama kalinya.

Penelitian terbaru dari University of California mengungkap bahwa senyawa ini juga yang mempengaruhi pria agar lebih menyayangi dan terikat pada pasangannya. Oxytocin juga diketahui bisa meningkatkan libido serta gairah seksual.

2. Menurunkan Tekanan Darah dan Menjaga Kesehatan Jantung

Saat hormon oksitosin meningkat, hormon kortisol atau hormon stres menurun sehingga tekanan darah juga menurun dan kita menjadi lebih tenang. Hal ini mampu menurunkan risiko jantung.

3. Mempercepat Proses Penyembuhan Penyakit

Sentuhan dari orang yang disayangi mampu meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah. Seperti yang kita tahu, hemoglobin merupakan salah satu bagian dari tubuh yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak. Suplai hemoglobin yang meningkat ini secara ilmiah dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan setelah sakit.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pelukan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena pada saat pelukan akan merangsang kelenjar timus yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan manusia. Kelenjar timus bagi remaja penting dalam mengatur pertumbuhan dan pubertas. Sementara pada orang dewasa, kelenjar timus berkaitan dengan produksi sel darah putih yang akan memperkuat kekebalan tubuh dan menangkal segala jenis penyakit.

5. Mencegah Parkinson dan Depresi

Semua hal yang dilakukan manusia bisa berpengaruh terhadap aliran dopamin pada tubuh. Dopamin berfungsi memberikan perasaan bahagia pada seseorang, sekaligus memberikan motivasi. Pelukan bisa memicu aliran dopamin dalam tubuh sehingga membuat seseorang lebih bahagia, termotivasi, dan jauh dari depresi. Dopamin yang rendah akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti penyakit Parkinson atau depresi.

6. Menambah Harapan Hidup

Tak hanya dopamin, pelukan juga merangsang pelepasan endorphin dan serotonin pada pembuluh darah ke seluruh tubuh. Kedua hal ini akan memicu perasaan senang, meredakan rasa sakit, mencegah perasaan sedih, serta menjaga kesehatan jantung. Serotonin dan endoprhin juga membantu menghilangkan kelebihan lemak dan menambah harapan hidup.

Uniknya, hal ini juga berlaku ketika seseorang memeluk hewan peliharaan mereka. Berpelukan meningkatkan jumlah serotonin dalam tubuh, menaikkan mood, menghilangkan stres, dan membuat bahagia.

7. Menjaga Keseimbangan Sistem Saraf

Pelukan juga berfungsi untuk menyeimbangkan sistem saraf. Kulit mengandung jaringan yang bisa merasakan sentuhan dan berkaitan langsung dengan otak melalui saraf vagus. Respon yang terjadi pada tubuh ketika seseorang mendapatkan pelukan ini membuat sistem saraf parasimpatik menjadi semakin seimbang dan berfungsi dengan baik.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan seseorang dengan berpelukan. Bayangkan, hal sederhana seperti berpelukan dengan orang yang Anda sayangi, bisa memberikan banyak keuntungan untuk tubuh. Jadi, Jangan remehkan sebuah pelukan dan jangan ragu untuk memeluk pasangan. Selalu menjadi pengantin baru di rumah dan nikmatilah hubungan yang makin akrab dan mesra, bahkan saat terjadi sebuah konflik, dapat diredam dengan sebuah pelukan.

Sudahkah Anda memeluk pasangan anda hari ini?

Oleh: dr. Noer Aziza, Kasie Pencitraan, & KIE BKKBN

 

Manfaat Berpelukan dengan Pasangan Setiap Hari – Lentera Keluarga

Gambar Gravatar
Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *