Mencuci Baju Kotor, Pastikan Sudah Merendam Dahulu

Posted on

Jika akan mencuci baju kotor, sebaiknya baju direndam terlebih dahulu sebelum diproses, baik itu dicuci manual maupun memakai mesin. Mencuci baju memang dianjurkan untuk direndam dahulu paling tidak selama 20-60 menit. Meskipun bisa lebih lama, namun jangan sampai semalaman atau sampai 24 jam karena baju bukannya semakin bersih malah akan tercium aroma yang kurang sedap.

 

Cara Merendam Baju dengan Benar

Tujuan merendam baju adalah salah satunya untuk membantu melarutkan noda yang menempel di baju agar supaya saat dicuci lebih mudah serta hemat tenaga. Untuk itu, saat merendam baju kotor tidak sembarangan asal merendam baju ke dalam air dengan larutan detergen.

Berikut 4 tips merendam baju kotor sebelum dicuci.

Gunakan air bersih untuk merendam

Merendam pakaian dalam air yang bersih akan membantu menghilangkan bau dan noda pada baju terutama noda membandel. Jika air ledeng atau PAM di rumah berwarna kurang bening baiknya diendapkan dulu dengan ditampung pada ember besar.

Komposisi air dan detergen yang pas

Sebelum merendam, celupkan terlebih dahulu baju kotor ke air biasa sampai basah. Siapkan air di bak lain dan detergent dengan komposisi yang pas sesuai petunjuk pemakaian. Ciri umum jika kurang pas adalah jika busa sedikit berarti kebanyakan air yang otomatis kotoran di baju sulit dilarutkan. Jika sebaliknya, terlalu banyak detergent akan menimbulkan busa yang sangat banyak sehingga akan susah payah saat membilas.

Pastikan baju terendam 

Merendam baju sebaiknya terendam keseluruhan. Dengan alasan hemat air dan detergen justru kegiatan mencuci akan semakin berat. Untuk berhemat air, basahi baju terlebih dulu supaya air rendaman tidak butuh terlalu banyak. Cara ini memastikan baju bersentuhan dengan detergen secara langsung dan mencuci baju akan lebih ringan dan tidak menyiksa karena kotorannya sudah larut saat direndam.

 

Rendam selama 30 – 60 menit 

Idealnya dalam merendam pakaian kotor hanya memerlukan waktu setengah sampai satu jam saja. Jika memang terpaksa harus mencucinya lebih cepat setidaknya sudah sempat direndam 10-15 menit sehingga tidak terlalu sulit saat dikucek sampai bersih. Merendam baju terlalu lama  akan membuat baju mengeluarkan aroma tidak sedap. Selain itu muncul resiko baju semakin kotor yang akhirnya justru akan mengeluarkan tenaga lebih banyak saat mencuci.

 

 

Rendam baju kotor terlebih dahulu sebelum dicuci – Lentera Keluarga

Gambar Gravatar
Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *