Penyelenggaraan Bimtek Pendidikan Keluarga

Penyelenggaraan bimbingan teknis (bimtek) pendidikan keluarga dalam upaya meningkatkan kapasitas kepala satuan pendidikan bertujuan untuk mendorong satuan pendidikan dalam menyelenggarakan layanan pendidikan keluarga dan meningkatkan mutu layanan pendidikan keluarga di satuan pendidikan.

Penyelenggaraan Bimtek Pendidikan Keluarga

Oleh karena itu, Kemendikbud mengadakan bimtek yang diikuti oleh satuan pendidikan terdiri dari guru dan Kepala PAUD, guru dan kepala SD, guru dan kepala SMP, kepala SKB, kepala LKP dan Pengawas.

Bagaimanapun juga, perkembangan anak dipengaruhi oleh pengasuhan yang diterapkan dalam keluarga. Selain itu faktor lingkungan masyarakat dan satuan pendidikan berperan dalam perkembangan anak.

Keluarga adalah unit kecil yang memegang peranan penting dalam pendidikan anak di usia emas. Perkembangan anak dipengaruhi apa yang diterapkan dalam keluarga.Bukan saja itu,pengaruh lingkungan dan satuan pendidikan juga memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter anak.

Apalagi berbagai tantangan dalam pendidikan anak di era globalisasi membutuhkan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk itulah dibutuhkan kemitraan antara keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat.

Bimtek itu juga menjadi salah satu langkah dalam mendukung perkembangan anak dengan optimal, sebab keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai peran penting dalam pendidikan anak untuk mewujudkan generasi emas dimasa mendatang, paparnya.

Dengan adanya Bimtek Pendidikan Keluarga ini kedepan sekolah-sekolah bisa melakukan kerjasama dengan baik antara sekolah dan pihak keluarga masing-masing siswa.

Selain itu, pelaksanaan Bimtek bertujuan memberikan pemahaman dan peran dalam pembentukan karakter anak yang harus diterapkan dalam satuan pendidikan. Dengan demikian ke depan pelaku pendidikan bisa mendorong adanya implementasi pendidikan anak.

Penyelenggara Bimtek dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan daerah bekerja sama dengan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kemendikbud RI sebagai nara sumber. Untuk aparatur pemerintahan lainnya bisa dibaca Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri

Mengenai materi bimtek, mengungkapkan,peserta mendapat arahan soal kebijakan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Kebijakan Daerah, isu aktual dan pembiasaan baik di keluarga, pengasuhan positif, mendidik anak di era digital dan keterlibatan orangtua serta pengawasan dari pelaku pendidikan.

 

Penyelenggaraan Bimtek Pendidikan Keluarga

Recommended For You

About the Author: Keluargaku

Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *