Keuntungan Kursus Online

Posted on

Beberapa orang tua sedikit cemas jika sang anak mengikuti sebuah kursus yang biasanya diselenggarakan di luar jam sekolah. Banyak alasan  mengapa kecemasan itu timbul seperti, faktor kesehatan karena seharian telah belajar di sekolah yang mungkin saja si anak sudah lelah, teman kursus yang bisa saja berbeda sekolah, lokasi kursus yang jauh dan sebagainya. Padahal orang tua juga mengharapkan jika anak mengikuti kursus akan mendapat tambahan ilmu atau ketrampilan.

Akan tetapi, seiring kemajuan internet dan pendukungnya, banyak lembaga maupun individu yang memanfaatkan kemajuan internet sebagai sarana kursus atau belajar online. Beberapa keuntungan jika mengikuti belajar yang berbasis web-internet. Apalagi ada lembaga kursus online bersertifikat di Indonesia yang sudah mulai diakui oleh pihak tertentu.

 

kursus online

 

Keuntungan Kursus Online

 

Sistem kursus online memudahkan untuk belajar tanpa terikat waktu dan tempat bagi siapa saja. Dengan sebuah jaringan internet, materi belajar sudah dikemas secara elektronik dan dapat diakses oleh pembelajar melalui internet, tanpa harus datang ke lokasi tertentu serta tanpa harus menyesuaikan waktu bertemu dengan instruktur.

Dengan kursus online, maka siapa saja bisa mengikuti kegiatan pembelajaran ini tanpa harus berlokasi sama dengan tempat kursus. Meskipun pusat kursus ada di Jakarta, namun siswa bisa dari di seluruh pelosok negeri bahkan luar negeri dengan jumlah ribuan. Ruang dan tempat serta waktu tidak terbatas apalagi menjadi hambatan. Siapa saja, di mana saja, dan kapan saja, seseorang dapat mengikuti kursus untuk belajar sesuatu.

Ketika mengikuti kursus online, kesuksesan belajar sepenuhnya ada di tangan siswa. Siswa bisa memilih kapan akan belajar, apa yang dipelajari. Jikapun ada kendala, bisa menanyakan masalah tersebut kepada instruktur atau nara sumber, lewat email atau ikut dialog interaktif pada waktu-waktu tertentu.

Kursus online bisa menghemat biaya, apalagi jika kursus yang diminati tidak terdapat di kota dimana siswa tinggal. Tidak perlu jauh-jauh untuk kost hanya ingin ikut kursus. Jikapun ada tempat kursus di sekitar siswa, maka tidak akan ada biaya transportasi, uang jajan dan lain sebagainya.

Orangtua tidak terlalu cemas jika anak mengikuti kursus online karena bisa memantau dan mendampingi si anak dalam belajar dari rumah jika akses internet ada. Hal yang tidak kalah penting, adalah motivasi terus menerus oleh orangtua maupun instruktur untuk menyemangati siswa agar tidak bosan untuk terus belajar. Dengan cara ini, maka kesuksesan menjadi milik si anak.

Apakah ada kekurangan jika mengikuti kursus online?

Tentu saja ada, seperti jaringan internet yang tidak stabil sehingga mengganggu proses belajar atau anak terkadang kurang serius belajar karena tidak ada guru yang nyata, dan banyak lagi.

Gambar Gravatar
Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *