Bolehkah Pijat Saat Hamil

Posted on

Dipijat memang mengasyikkan, siapa saja ingin menikmati pijatan apalagi dalam kondisi badan yang capek. Wanita hamil pun tak bisa menolak kalau dipijat dan boleh karena jika tubuh dan pikiran Ibu hamil rileks, janin pun ikut bahagia dan tumbuh lebih sehat.

Namun, meski memberi dampak positif, pijat sebaiknya dilakukan setelah kehamilan melewati trimester pertama, karena jika kurang dari itu, janin masih dalam tahap pembentukan organ-organ tubuh yang rawan dan sensitif. Selain itu, hindari pijat jika memiliki riwayat kehamilan bermasalah (misalnya keguguran berulang) atau dilarang dokter karena alasan medis (seperti mual dan muntah berlebihan, terjadi vlek atau hipertensi).

ibu-hamil

 

Pijat Refleksi Saat Hamil

Jacqui Booth, ahli refleksologi wanita, bayi dan anak dari Gentle Touch Reflexology memberi ulasan mengenai pijat refleksi saat hamil seperti yang ditulis di parenting.co.id.

Bermanfaat bagi pasangan yang akan hamil

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh The Association of Reflexologists, 50 persen pelanggan – yang sedang mengupayakan kehamilan – berhasil hamil setelah 6 bulan menjalani terapi pijat refleksi. Tentunya, keberhasilan ini dapat dicapai jika kedua calon orang tua menjalani terapi bersama-sama, mengurangi stres, dan memastikan kadar hormon mereka cukup seimbang.

Aman setelah trimester pertama

Sebenarnya, pijat refleksi sangat baik untuk ibu dan janin karena keduanya dapat merasakan sensasi pijatan. Akan tetapi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan sebelum melakukan pijat. Beberapa dokter tak mengizinkan karena takut akan risiko keguguran. Namun sebenarnya, sudah ada terapis pijat refleksi khusus untuk ibu hamil.

Tak membuat seseorang melahirkan mendadak

Terapi refleksi di trimester ketiga? Sebenarnya, pijat refleksi yang dilakukan dengan tujuan menyeimbangkan harmoni tubuh, bukanlah penyebab kelahiran. Jika memang belum waktunya, janin akan tetap tenang di dalam perut mama. Namun pijat refleksi sebelum kelahiran, dapat membuat
tubuh mama siap untuk melahirkan.

Baik untuk pasca melahirkan

Pijat refleksi dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka-luka persalinan. Ini juga memberikan me time untuk mama.

 

Pijat Saat Hamil – Lentera Keluarga

 

Gambar Gravatar

Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *