Manfaat Berqurban bagi Umat Islam

Manfaat Berqurban bagi Umat Islam

Tabungan qurban menjadi salah satu program yang sangat bagus bagi umat Islam. Apakah Anda ingin sekali berqurban namun sulit sekali menyisihkan uang untuk bisa beli hewan qurban? Jika demikian, program tabungan qurban bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Manfaat Berqurban untuk Umat Islam

Qurban adalah ritual pengorbanan hewan sebagai tindakan penyembahan kepada Allah SWT. Umat ​​Muslim mempersembahkan hewan qurban supaya lebih dekat kepada-Nya. Lalu apa saja manfaat berqurban dan mengapa Anda harus membuka tabungan qurban?

Berikut ini beberapa manfaat berqurban untuk Umat Islam

1. Mendekatkan Diri kepada Allah

Qurban jika diartikan secara literal dari kata Arab berasal dari qurbanah atau qurbani yang artinya melakukan suatu tindakan dengan maksud untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.

Qurbanah  adalah istilah yang digunakan dalam Kitab Suci Islam, Al-Qur’an, bersama dengan uḍḥiyah, merujuk pada “hewan yang disembelih” dalam ritual pengorbanan.

Kata qurban sendiri secara eksplisit menggambarkan mengajarkan umat Islam l untuk tunduk kepada Tuhan Yang Maha Esa saja, dan untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Kurban jika diartikan dari bahasa Persia yang berasal dari bahasa Arab Al-Qur’an menekankan niat pengorbanan ritual atau “mendekat.”

2. Mengajarkan Pentingnya Berbagi

Di seluruh dunia, daging adalah kemewahan yang tidak terjangkau bagi banyak keluarga yang tergolong menengah ke bawah.

Berqurban saat Idul Adha mengajarkan umat muslim untuk berbagi dengan sesamanya.

Hampir  sama seperti Zakat Fitrah yang diberikan pada akhir Ramadhan, maka berqurban saat Idul Adha memastikan bahwa orang-orang yang tidak mampu bisa merasakan nikmatnya mengkonsumsi makanan bergizi yang sulit dijangkau oleh mereka.

3. Mendapat Pahala

Dengan memberikan qurban, maka Allah akan menggandakan pahala. Umat Islam akan menuai beberapa hadiah tambahan oleh Allah SWT.

Selain mendapat pahala karena bersedekah, Allah juga akan menjadikan orang yang berqurban   sebagai orang yang penyabar.

Umat muslim yang ingin berqurban, cobalah untuk membuka tabungan qurban di Bank Syariah Bukopin. Dalam jangka waktu tertentu, maka tabungan nasabah akan diblokir sehingga dananya bisa terkumpul untuk membeli hewan qurban.

Dengan menjadi nasabah Bank Syariah Bukopin, qurban tidak lagi menjadi hal yang sulit dilakukan. Bank juga bersedia untuk menyalurkan daging ke orang-orang yang butuh.

Bank Syariah Bukopin tidak hanya menyediakan tabungan qurban, ada juga tabungan  emas syariah, pembiayaan haji syariah hingga program KPR syariah. Yuk, gabung segera menjadi nasabah Bank Syariah Bukopin.

 

Manfaat Berqurban bagi Umat Islam

Recommended For You

About the Author: Keluargaku

Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.