Tips disinfeksi Rumah Penderita Covid 19 secara Mandiri

Jika seseorang yang ada di rumah Anda ternyata positif Covid 19, maka Anda akan melakukan karantina mandiri meski hasil tes menunjukkan hasil negatif. Jika Anda ternyata mendapatkan jatah untuk karantina mandiri, akan lebih baik jika Anda segera membersihkan rumah Anda dengan melakukan disinfeksi mandiri. Untuk Melakukannya berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

disinfeksi Rumah Penderita Covid 19

1. Bukan jendela dan pintu yang menuju ke luar rumah

Membuka jendela dan pintu rumah sangat baik untuk meningkatkan sirkulasi udara di rumah Anda. Jika perlu gunakan kipas untuk menambah sirkulasi udara di rumah Anda. Setelah itu tunggu hingga 24 jam sebelum Anda melakukan disinfeksi ruangan. Jika memang membuka rumah selama 24 jam tidak memungkinkan, maka tunggu selama mungkin.

2. Lakukan disinfeksi

Untuk melakukan disinfeksi mulailah dengan area yang banyak digunakan oleh orang yang terinfeksi Covid 19 atau didiagnosis dengan Covid 19. Contohnya area kamar mandi, kamar tidur, meja dan furnitur yang banyak disentuh oleh penderita.

Baca Artikel lainnya:  Ini Dia Dimana Anda Bisa Menyewa Sebuah Genset

Ketika Anda melakukan disinfeksi pastikan Anda menggunakan sarung tangan karet untuk melindungi tangan Anda dari disinfektan yang memiliki sifat abrasif. Jenis bahan disinfektan berbeda akan dibutuhkan untuk area yang berbeda.

Contohnya untuk melakukan disinfeksi bagian-bagian yang memiliki permukaan yang lembut Anda bisa menggunakan detergen atau pembersih yang dianjurkan oleh furnitur yang akan Anda bersihkan.

Untuk mencapai hasil lebih maksimal sebaiknya gunakan jasa semprot disinfektan yang terpercaya dengan harga wajar dan terjangkau tanpa mengurangi kualitas chemical disinfektan yang digunakan.

3. Vakum cleaner

Selanjutnya vakum area yang Anda disinfeksi sebelumnya. Jika bisa pastikan Anda melengkapi rumah Anda dengan vacum cleaner yang sudah dilengkapi dengan HEPA atau High Efficiency Particulate Air. Jika bisa lakukan vakum di saat penghuni rumah lain tidak sedang beraktivitas, contohnya saat malam hari.

Jika Anda membaca artikel ini selang beberapa hari dari pasien Covid 19 pergi dari rumah Anda, maka Anda bisa melakukan step-step di atas. Akan tetapi jika penderita Covid 19 sudah meninggalkan rumah Anda lebih dari 7 hari, maka Anda tidak perlu melakukan disinfeksi seperti di atas. Hal ini disebabkan karena Covid 19 tidak bisa bertahan tanpa inang lebih dari 2 hari.

Baca Artikel lainnya:  Pastikan Gadai BPKB Mobil Untuk Tujuan Produktif

 

Tips disinfeksi Rumah Penderita Covid 19 secara Mandiri

Recommended For You

About the Author: Keluargaku

Lentera Keluarga turut mengantar menuju masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *